RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (6) : Ayo Belajar
Tema / Topik 1 : Semangat
Belajar Nabi Idris a.s.
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menceritakan kisah Nabi Idris a.s.;
v
Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang
dimiliki Nabi Idris a.s.;
v
Menyebutkan peristiwa penting yang
dialami oleh Nabi Idris a.s.;
v
Menunjukkan sikap terpuji yang dimiliki
Nabi Idris a.s.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan
berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa peserta didik.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau tayangan visual (film).
v
Guru menggunakan metode yang
digunakan adalah diskusi dalam bentuk the
educational diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta
peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar lalu menceritakan isi
gambar.
v
Guru
menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Adam.
v
Peserta didik
mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
v
Guru memberi
pujian kepada peserta didik atas jawabannya, kemudian menyebutkan nama nabi
yang akan dibahas.
v
Peserta
mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi Idris a.s. Fokuskan kisah
pada sifat positif dan perilaku yang dapat diteladani, terutama sikap rajin
belajar Nabi Idris a.s. sehingga Ia jadi pandai.
v
Pada kolom
“sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu
rajin belajar”.
v
Pada kolom “ayo
kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati
gambar lalu menceritakannya kepada teman. Diharapkan jawaban ceritanya
mengarah pada sikap rajin belajar.
v
Pada kolom
“insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (6) : Ayo Belajar
Tema / Topik 2 : Doa
Belajar
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Melafalkan doa sebelum dan sesudah
belajar dengan benar dan jelas;
v
Membaca doa sebelum dan sesudah
belajar dengan benar dan jelas;
v
Mengartikan doa sebelum dan sesudah
belajar dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan
berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Untuk mengetahui kemampuan awal
(prates), peserta didik secara acak dipilih untuk melafalkan doa sebelum dan
sesudah belajar.
|
10 menit
|
Inti
|
Pertama doa
sebelum belajar:
v
Guru melafalkan
kata per kata, misalkan “Rabbi” yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dilakukan 2-3 kali.
v
Guru
melanjutkan dengan melafalkan “zidni” diikuti oleh seluruh peserta didik,
dilakukan 2-3 kali.
v
Guru terakhir
melafalkan “ilman” yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dilakukan 2-3
kali.
v
Guru melafalkan
secara utuh kalimat “Rabbi zidni ilman” diikuti oleh seluruh peserta didik,
dilakukan 2-3 kali.
v
Pelafalan
dilakukan secara berulang-ulang sehingga benar-benar dikuasai peserta didik. Diunduh dari www. Kangmartho dot com
v
Pelajaran
selanjutnya adalah kalimat “warzuqni fahman” (ikuti pola butir 2 sampai 6).
v
Untuk
mengetahui penguasaan kompetensi ini, secara acak Guru menunjuk peserta didik
mendemonstrasikan pelafalan doa sebelum belajar.
v
Guru memberikan
penguatan pelafalan kalimat doa sebelum belajar. Kedua doa sesudah belajar:
v
Dilakukan
mengikuti langkah-langkah pembelajaran doa sebelum belajar.
Ketiga arti
doa sebelum dan sesudah belajar:
v
Guru
mengucapkan “Ya Allah tambahkan ilmu kepadaku”, diikuti peserta didik secara
klasikal, lakukan 2-3 kali.
v
Guru
mengucapkan “dan berilah aku pemahaman”, diikuti peserta didik secara
klasikal, dilakukan 2-3 kali.
v
Bersama-sama
peserta didik mengartikan doa sebelum dan sesudah belajar lengkap dengan
artinya.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (6) : Ayo Belajar
Tema / Topik 3 : Membaca
dan Menulis
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu menyebutkan
pesan-pesan surah al-Fatihah, Al-Ikhlas dan al-’Alaq dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan
berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa peserta didik.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru menggunakan metode yang digunakan
adalah diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting artinya peserta
didik berbincang mengenai pelajaran di
kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka. atas pelajaran/materi
yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik mengamati
gambar kegiatan membaca dan menulis di dalam buku teks.
v
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut.
v
Guru memberikan penjelasan tambahan
dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut,
yaitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis. Disertai penjelasan pesan surah al-‘Alaq/96: 1-5.
v
Guru meminta peserta didik bersama-sama
mengucapkan “aku percaya Allah menciptakan manusia” (kolom “sikapku”).
v
Peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut
(kolom “ayo kerjakan”).
v
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut.
v
Guru membimbing peserta didik untuk memberikan
tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’ (kolom “insya Allah aku
bisa”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Tema / Topik 4 : Rajin
Belajar
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan perilaku rajin belajar
dengan benar;
v
Menunjukkkan perilaku rajin belajar
dengan benar.
MATERI PEMBELAJARAN
v
Pesan-pesan surah al-‘Alaq tentang perilaku rajin belajar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan
berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta
peserta didik mengamati gambar kegiatan belajar bersama guru di dalam buku
teks.
v
Peserta
didik mengemukakan isi gambar tersebut.
v
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang isi gambar tersebut, yaitu pentingnya rajin belajar.
v
Guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu rajin belajar” (kolom
“sikapku”).
v
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman
sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
v
Guru membimbing
jalannya diskusi dan kelompok yang lain saling mengoreksi .
v
Salah satu
kelompok atau individu menyampaikan simpulan hasil diskusi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (7) : Ayo
Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 1 : Lafal Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu melafalkan surah Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat
memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan
tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan Pembelajaran 8 mudah
dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk
tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas 1 belum bisa membaca
tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media audio (ICT) atau media lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah pertama:
Proses melafalkan dengan langkah berikut ini:
Sebelum melafalkan surah
Al-Ikhlas, guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Baca al-
Qur’an”.
v
Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas
ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v
Peserta didik laki-laki dan perempuan
atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali).
v
Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan
suara jelas ayat 3 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3
kali).
v
Ikuti butir 2 sebelumnya.
v
Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan
suara jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak
2-3 kali).
v
Peserta didik laki-laki dan perempuan
atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali). Apabila
belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi melalui cara yang sama
dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang melafalkan
secara individual, peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya).
v
Guru menjelaskan bahwa peserta didik
secara mandiri dapat melafalkan sendiri (kolom “sikapku”).
v
Peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah
Al-Ikhlas secara
bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (7) : Ayo
Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 2 : Hafal Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu menunjukkan
hafalan surah Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa
dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat
memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan
tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan Pembelajaran 8 mudah
dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk
tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas 1 belum bisa membaca
tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media audio (ICT) atau media
lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Proses menghafal dengan langkah berikut ini.
v
Guru melafalkan dengan cara menghafal surah Al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 1 s.d 2, diikuti seluruh
peserta didik, lalu meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya
(lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali).
v
Teruskan ayat 3 sampai 4 (lakukan
sebanyak 2-3 kali).
v Guru mengawali melafalkan pola terakhir ayat 1 s.d. 4 (satu
surat utuh) diikuti oleh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Apabila
belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d.
3. Apabila sudah banyak yang hafal secara individual,
peserta didik mendemonstrasikan hafalannya)
v
Guru menjelaskan bahwa peserta didik
secara mandiri hafal surah Al-Ikhlas (kolom “sikapku”).
v
Peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) untuk menghafal surah
Al-Ikhlas secara
bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (7) : Ayo
Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 3 : Pesan Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu menyebutkan
pesan-pesan yang terkandung di dalam surah
Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa
dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Metode yang
digunakan adalah diskusi dalam bentuk the
educational diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar. Jika memungkinkan melalui tayangan terawangan, slide (media
proyektor).
|
10 menit
|
Inti
|
v
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pesan-pesan yang
terkandung di dalam surah Al-Ikhlas,
secara klasikal atau individual.
v
Peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok dengan kemampuan yang beragam.
v
Masing-masing kelompok mendiskusikan
pesan-pesan yang terkandung di dalam surah
Al-Ikhlas.
v
Masing-masing kelompok menyampaikan
hasil diskusi tentang pesanpesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas.
v
Guru membimbing jalannya diskusi dan
kelompok yang lain saling mengoreksi.
v
Salah satu kelompok atau individu
menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
v
Guru memberikan penguatan hasil
diskusi, diskusi yang dimaksud adalah diskusi sederhana di mana peserta didik
berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterima agar masing-masing
memperoleh pemahaman yang benar. RPP ini didownload dari kangmartho.com
v
Guru meminta peserta didik bersama-sama
mengucapkan “Aku Percaya Allah Maha Esa”(kolom “sikapku”).
v
Peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) menyebutkan pesan-pesan surah Al-Ikhlas (kolom “ayo kerjakan”).
v
Guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (v) pada kolom ‘sudah’ atau ‘belum’
(kolom “insya Allah aku bisa”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (8) : Allah
Mahakuasa
Tema / Topik 1 : Al-Malik
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mendemonstrasikan pelafalan al-Malik dengan benar;
v
Menyebutkan arti al-Malik dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa
dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat
memanfaatkan media/alat peraga/ alat bantu berupa tulisan di papan tulis,
kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat dibaca), Jika
memungkinkan dapat memanfaatkan tayangan terawangan, slide (media projector)
untuk mengkonkretkan antara apa yang
diucapkan dan bentuk tulisannya.
|
10 menit
|
Inti
|
Proses
melafalkan dengan langkah berikut ini:
v
Guru
menceritakan keindahan dan keteraturan alam, serta menanyakan kepada peserta
didik siapa yang mengatur itu dan menguasai itu semua.
v
Peserta didik
mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
v
Pada kolom
“sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku percaya
Allah Mahakuasa”.
v
Pada kolom “ayo
kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) mengamati
gambar lalu menceritakannya kepada teman. Jawaban dari pertanyaan tersebut
adalah Allah. Dapat juga ditambahkan tugas mengamati lingkungan sekitar dan
mencari jawaban siapa yang menciptakannya.
v
Guru membimbing
peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. dalam
kolom“ dalam insya Allah aku bisa”
v
Guru membimbing
peserta didik menyanyikan lagu “Allah Mahakuasa”
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (8) : Allah
Mahakuasa
Tema / Topik 2 : Dua
Kalimat Syahadat
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mendemonstrasikan pelafalan dua
kalimat syahadat dengan benar dan jelas;
v
Mengartikan dua kalimat syahadat dengan
benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pertemuan ke-1
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Pertemuan ke-2
v
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Pertemuan ke-1
Pelafalan dua kalimat syahadat dibagi menjadi dua bagian
pelafalan, pertama lafal syahadat tauhid, kedua lafal syahadat rasul.
Peserta didik diambil secara acak melafalkan dua kalimat
syahadat, untuk mengetahui kemampuan awal (prates).
Kedua, Syahadat Rasul:
v
Guru
mendemonstrasikan pelafalan kalimat syahadat rasul kata per kata (sebaiknya
langsung oleh guru bersangkutan, media audio hanya sebagai pendukung),
peserta didik mencermati dan menirukannya. Pada waktu itu juga, guru langsung
membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat, baik secara individu
maupun klasikal, sampai akhirmya selesai.
v
Guru secara
acak menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan kalimat syahadat
rasul untuk mengetahui kompetensi kelas.
v
Guru memberikan
penguatan pelafalan kalimat syahadat tauhid. (Setelah pelafalan dua kalimat
di atas, guru secara utuh menggabungkan kalimat syahadat tauhid dan syahadat
rasul, diikuti oleh seluruh peserta didik, lakukan 2-3 kali, sampai
dipastikan seluruh peserta didik mampu melafalkannya).
Pertemuan ke-2
Langkah yang
harus dilaksanakan:
v
Guru
mengucapkan arti secara utuh syahadat rasul “dan aku bersaksi bahwa Nabi
Muhammad utusan Allah” diikuti seluruh peserta didik,
v
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) melafalkan dua kalimat syahadat
secara berulang-ulang sampai hafal (kolom “ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (9) : Ayo Kita
Salat
Tema / Topik 1 : Salat
Wajib
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menyebutkan 5 salat wajib dengan
benar;
v
Menyebutkan bilangan rakaat shalat wajib.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan
Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa kartu/kertas (ditandai dengan warna
yang beragam agar menarik) yang bertuliskan nama-nama shalat wajib dan
bilangan rakaatnya.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik mengamati gambar
anak-anak sedang salat dalam buku teks.
v
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut.
v
Guru memberikan pertanyaan untuk
ditanggapi peserta didik. Misalnya, salat zuhur berapa rakaat?
Kemudian, guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan
peserta didik tentang isi gambar tersebut, termasuk menjelaskan jumlah rakaat
salat.
v
Guru membimbing peserta didik untuk
menyanyikan lagu “rakaat shalat”, lakukan secara bergantian.
v
Guru meminta peserta didik bersama-sama
mengucapkan “aku selalu melakukan shalat 5 waktu”. (kolom “sikapku”)
v
Peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) menyebutkan nama-nama salat wajib lima waktu
(kolom “ayo kerjakan”). Dapat juga ditugaskan untuk mengamati pelaksanaan salat
di masjid atau musala dekat rumahnya, kemudian ceritakan pada pertemuan
berikutnya.
v
Guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom
“insya Allah aku bisa”)
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran ( ) : Ayo
Kita Salat
Tema / Topik 2 : Mengaji
di Sekitar Rumah
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menyebutkan kegiatan agama di sekitar
rumah, dan
v
Menunjukkan kegiatan agama di sekitar
rumah.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau tayangan visual (film).
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru mengajak
peserta didik mengamati gambar anak-anak sedang mengaji dalam buku teks.
v
Guru meminta
peserta didik menceritakan isi gambar tersebut.
v
Peserta
didik mengemukakan isi gambar tersebut
Langkah
dengan menggunakan model role playing
ini adalah:
v
Guru
menjelaskan kepada peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan
role playing.
v
Pemeran
sebanyak 4 anak, 1 anak sebagai orang tua (bapak/ibunya) 3 anak sebagai
santri/peserta didik pengajian di madrasah/ mesjid
v
Orang tua
memberitahuan anaknya bahwa sudah waktunya berangkat mengaji. Anak berangkat
sambil mengucapkan salam dan cium tangan. Anak memberitahukan bahwa ia akan
menemui dahulu teman-temannya, setelah itu bersama-sama ke madrasah.
(skenario dapat diubah disesuaikan dengan situasi dan kondisi).
v
Guru
memberitahukan tugas kepada peserta didik untuk mengamati peran-peran yang
dimainkan.
v
Guru menunjuk
peserta didik untuk memainkan peran sebanyak 4 orang.
v
Guru memberikan
contoh peran, dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat
pemeran tersebut.
v
Peserta didik
yang ditunjuk untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik
yang lain mengamatinya
v
Guru memastikan
bahwa pemeranan sesuai dengan yang diharapkan yakni menggambarkan
perilaku-perilaku yang ada dalam materi ajar
v
Guru menunjuk
peserta didik untuk memberi komentar tentang perilakuperilaku yang diperankan
oleh teman-temannya dalam kaitannya dengan kegiatan agama di sekitar rumah.
v
Peserta didik
membuat kesimpulan.
v
Guru memberikan
penguatan materi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 1 : Berkata
Baik
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap yang baik ketika
berbicara dengan benar;
v
Menunjukkan sikap yang baik ketika
berbicara dengan benar..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Salah satu model pengajaran
yang digunakan dalam kompetensi ini di antaranya adalah bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk
mengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer dan mewujudkan pandangan
mengenai perilaku, nilai dan persepsi peserta didik, mengembangkan
keterampilan (skill) memecahan
masalah dan tingkah laku, mengeksplorasi materi pelajaran dalam cara yang
berbeda.
|
10 menit
|
Inti
|
Menunjukkan sikap yang baik ketika berbicara.
Langkah dengan menggunakan model role playing ini
adalah sebagai berikut.
v
Guru menjelaskan kepada peserta didik
bahwa proses pembelajaran materi menggunakan role playing.
v
Pemeran sebanyak 4 anak, perannya sebagai
bapak, ibu, anak laki-laki dan anak perempuan.
v
Anak laki-laki dan perempuan
mengucapkan salam sambil mencium tangan kedua orang tuanya, anak laki-laki
dengan ayahnya, anak perempuan dengan ibunya. (skenario
dapat diubah disesuaikan dengan situasi dan kondisi)
v
Guru memberitahukan tugas kepada
peserta didik untuk mengamati peran-peran yang dimainkan.
v
Guru menunjuk peserta didik untuk
memainkan peran sebanyak 4 orang.
v
Guru memberikan contoh peran dan
memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat pemeran tersebut.
v
Peserta didik yang ditunjuk untuk
bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik yang lain mengamati.
v
Guru memastikan bahwa pemeranan sesuai
dengan yang diharapkan yakni menggambarkan perilaku yang ada dalam materi
ajar.
v
Guru menunjuk peserta didik untuk
memberi komentar tentang perilakuperilaku yang diperankan oleh teman-temannya
dalam kaitannya dengan sikap dan berkata baik.
v
Peserta didik membuat kesimpulan.
v
Guru memberikan penguatan materi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 2 : Hormat
dan Patuh
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua dengan benar;
v
Menunjukkan perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua;
v
Mencontohkan perilaku hormat kepada guru;
v
Menunjukkan perilaku hormat kepada guru;
v
Mencontohkan perilaku hormat kepadasesama
anggota keluarga;
v
Menunjukkan perilaku hormat kepadasesama
anggota keluarga..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru memeriksa kehadiran,
kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Contoh langkah dengan menggunakan model role playing ini
adalah:
v
Guru menjelaskan
kepada peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan role
playing.
v
Pemeran sebanyak 3 anak, 1 anak sebagai
bapak/ibu guru, 2 anak sebagai peserta didik.
v
Dua anak sedang ngobrol santai, dari
jarak yang tidak begitu jauh datang bapak/ibu guru, kemudian 2 anak ini
menemuinya dengan mengucapkan salam sambil mencium tangannya. (skenario dapat diubah disesuaikan dengan situasi dan
kondisi).
v
Guru memberitahukan tugas kepada
peserta didik untuk mengamati peran-peran yang dimainkan.
v
Guru menunjuk peserta didik untuk
memainkan peran sebanyak 3 orang.
v
Guru memberikan contoh peran dan
memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh ketiga pemeran
tersebut.
v
Peserta didik yang ditunjuk untuk
bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik yang lain mengamati.
v
Peserta didik membuat kesimpulan.
v
Guru memberikan penguatan materi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 3 : Bersyukur
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menyebutkan contoh perilaku bersyukur
atas karunia dan pemberian dengan benar.
v
Mengucapkan Alhamdulillah atas segala
karunia dan pemberian dengan lancar.
v
Memberikan sebagian karunia dan
pemberian kepada yang berhak menerimanya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru menyapa dengan
menanyakan kabar atau perasaan peserta didik
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang kemurahan hati dalam buku
teks.
v
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut.
v
Guru memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut. Lalu
mencontohkan cara bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah disertai
dengan cara memberi yang baik.
v
Guru meminta peserta didik memeragakan
cara memberi kepada temannya.
v
Dua peserta didik diminta maju ke depan
kelas, dan diminta memeragakan cara memberi yang baik.
v
Guru meminta peserta didik bersama-sama
mengucapkan “aku selalu mengucapkan alhamdulillah”. Lalu guru meminta
peserta didik untuk mencontohkannya. (kolom “sikapku”)
v
Peserta didik secara berpasangan(dengan
teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar anak sedang
mengangkat tangan selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut. (kolom “ayo kerjakan”)
v
Guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (V) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom “insya Allah aku bisa”)
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 4 : Pemaaf
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap pemaaf dengan
benar;
v
Menunjukkan sikap pemaaf dengan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam
dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru menyapa dengan
menanyakan kabar atau perasaan peserta didik
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Metode yang digunakan
adalah diskusi dalam bentuk The
educational diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar.
v
Salah satu model pengajaran
yang digunakan dalam kompetensi ini di antaranya adalah bermain peran (role playing). Model ini bertujuan
untuk mengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer dan mewujudkan
pandangan mengenai perilaku, nilai dan persepsi peserta didik, mengembangkan
keterampilan (skill) memecahan
masalah dan tingkah laku, mengeksplorasi materi pelajaran dalam cara yang
berbeda.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru mengajak peserta
didik mengamati gambar peserta didik bermaafan dalam buku teks.
v
Guru meminta peserta didik
menceritakan isi gambar tentang memaafkan.
v
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi
gambar tersebut.
v
Guru meminta kembali
pendapat peserta didik dari isi gambar berikutnya.
v
Guru meminta peserta didik
bersama-sama mengucapkan “aku harus minta maaf dan memaafkan”. (kolom
“sikapku”)
v
Peserta didik secara
berpasangan (dengan teman sebangku) memeragakan permintaan maaf. (kolom “ayo
kerjakan”)
v
Guru membimbing peserta
didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom “insya
Allah aku bisa”)
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 4 : Jujur
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap pemaaf dengan
benar;
v
Menunjukkan sikap pemaaf dengan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan
model pembelajaran yang digunakan dalam kompetensi ini, di antaranya adalah
bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk mengeksplorasi
perasaan peserta didik; mentransfer dan mewujudkan pandangan mengenai
perilaku, nilai, dan persepsi peserta didik; mengembangkan keterampilan (skill)
memecahkan masalah dan tingkah laku; mengeksplorasi materi pelajaran dalam
cara yang berbeda..
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta
didik mengamati gambar suasana ulangan di kelas di dalam buku teks.
v
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam buku teks dan apa yang
dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
v
Pada kolom “sikapku”,
guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu berkata
jujur” sebagai penjelasan dan pengembangan materi.
v
Pada kolom “insya Allah
aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom
‘ya’ atau ‘tidak’.
Alternatif lain dengan
melaksanakan model role playing. Contoh langkah dengan menggunakan model role
playing ini adalah sebagai berikut.
v
Guru menjelaskan kepada
peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan role playing.
v
Tentukan jumlah pemeran
dan posisi pemeranannya.
v
Tentukan skenario
kegiatan (skenario dapat disesuaikan diubah dengan situasi dan kondisi).
v
Setelah skenario disampaikan,
selanjutnya peserta didik ditugasi untuk mengamati peran-peran yang
dimainkan.
v
Guru menunjuk peserta
didik untuk memainkan peran.
v
Guru memberikan contoh
peran dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat pemeran
tersebut.
v
Peserta didik yang
ditunjuk untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik yang lain
mengamatinya..
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD N SEMBUNG 01
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I (Satu) /
2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 4 : Percaya
Diri
Alokasi Waktu : ...........
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap pemaaf dengan
benar;
v
Menunjukkan sikap pemaaf dengan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan
model pembelajaran yang digunakan dalam kompetensi ini, di antaranya adalah
bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk mengeksplorasi
perasaan peserta didik; mentransfer dan mewujudkan pandangan mengenai
perilaku, nilai, dan persepsi peserta didik; mengembangkan keterampilan
(skill) memecahkan masalah dan tingkah laku; mengeksplorasi materi pelajaran
dalam cara yang berbeda..
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta
didik mengamati gambar suasana ulangan di kelas di dalam buku teks.
v
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam buku teks dan apa yang
dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
v
Pada kolom “insya Allah
aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada kolom
‘ya’ atau ‘tidak’.
Alternatif lain dengan
melaksanakan model role playing. Contoh langkah dengan menggunakan model role
playing ini adalah sebagai berikut.
v
Guru menjelaskan kepada
peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan role playing.
v
Tentukan jumlah pemeran
dan posisi pemeranannya.
v
Tentukan skenario
kegiatan (skenario dapat disesuaikan diubah dengan situasi dan kondisi).
v
Setelah skenario
disampaikan, selanjutnya peserta didik ditugasi untuk mengamati peran-peran
yang dimainkan.
v
Guru menunjuk peserta
didik untuk memainkan peran.
v
Guru memberikan contoh
peran dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat pemeran
tersebut.
v
Peserta didik yang
ditunjuk untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik yang lain
mengamatinya.
v
Guru memastikan bahwa
pemeranan sesuai dengan yang diharapkan yakni menggambarkan perilaku-perilaku
yang ada dalam materi ajar.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a
sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap
: Observasi selama
kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Siswadi, S.Pd.
NIP. 19730326 199903 1 009
|
|
Sembung,
Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi
Pekerti
Ahmad Saiful Rijal,S.Pd.I
NIP. 19911210 201903 1 005
|
No comments:
Post a Comment