Saturday 22 March 2014

Basmalah



Kita sebagai orang muslim tentunya sudah tau apa itu basmalah... kalo saya sendiri mendifinisikan basmalah adalah suatu ucapan atau kalimat yang pertama kali diucapkan seseorang untuk memulai suatu pekerjaan dan memiliki makna yang sangat banyak dan itu dapat mempengaruhi seseorang dalam bekerja atau melakukan pekerjaan.
Banyak sekali kekuatan atau hikmah yang kita dapatkan saat kita mengucapkan basmalah pada saat kita akan melakukan pekerjaan, tapi sebelum kita bahas lebih lanjut yang pertama kita harus tahu bacaan dan arti basmalah, percuma dunk kia tau basmalah tapi tidak mengerti bacaan dan arinya hehe....disini saya akan menuliskan bacaan dan arti dari basmalah :
“ BISMILLAHIRROHMANIRROHIM ”:
Artiny : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Tapi disini saya akan membagi bacaan basmalah menjadi 4 bagian
1.      Bismi memiliki arti dengan menyebut nama....... namanya siapa?????
2.      Illahi memiliki arti ALLAH SWT.
3.      Arrohman adalah salah satu asma allah yang 99 yang mempunyai arti maha pemurah, tuhan saja yang menciptakan manusia saja pemurah maka kita sebagai manusia harus bisa menerapkan sifat itu dalam diri kita. Di dalam konteks ini saya menyimpulkan bahwasanya sifarr Arrohman itu ditujukan kepada semua umat isalm yang ada di bumi entah itu islam ataupun non islam dengan kata lain allah tidak membedakan ciptaannya, dan hanya keimananlah yang membedakan antar sesama manusia di mata allah.
4.      Arrohim adalah penyayang, jika allah tidak memiliki sifat penyayang maka setiap umat manusia atau mahluk hidup tidak bisa mendapatkan rasa kasih sayang dari allah. Tapi saya menilai sifat arrohim allah itu ditujukan untuk khusus umat islam yang mana kelak diberikan pada saat kita sudah menuju dikehidupan yang sebenarnya yaitu didalam akhirat saja.
Adapun kekuatanyang bisa dihasilkan dari basmalah itu sendiri banyak sekali salah satunya :
a.       Kita menjadi lebih semangat dalam mengerjakan sesuatu.
b.      Kita melakukan sesuatu hanya untuk mengharap ridho allah.
c.       Mendapatkan barokah..
d.      Dan masih banyak lagi .....

No comments:

Post a Comment