Saturday 22 March 2014

Pemasaran



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dalam mencari peluang-peluang dan pemantauan ancaman-ancaman perusahaan harus memulai dengan lingkungan perusahaan. Lingkungan perusahaan adalah tempat dimana perusahaan harus memulai penelitiannya atas peluang dan ancaman yang mungkin timbul. Lingkungan tidak akan berubah dengan perlahan dan dapat diramalkan, tetapi mampu menghasilkan kejutan-kejutan besar karena lingkungan pemasaran akan selalu berada pada perubahan yang terus menerus sehingga dapat mempengaruhi perusahaan.
Para pemasar suatu barang harus memantau secara terus menerus keadaan lingkungan yang terus berubah-ubah dari pencairan dan pemprosesan informasi tentang perusahaan yang terjadi pada lingkungan perusahaan
Tujuan pemantauan lingkungan adalah untuk memungkinkan perusahaan merencanakan rangkaian tindakan yang akan dilakukan dimasa akan datang. Peramalan tindakan merupakan proyek untuk masa depan dan pemantauan lingkungan juga berkepentingan terhadap pengambilan keputusan. Lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi manajemen perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya

B.     Rumusan Masalah
1.   Apa pengertian lingkungan pemasaran ?
2.   Apa yang di maksud dengan lingkungan pemasaran makro ?


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian lingkungan Pemaasaran
Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Lingkungan Pemasaran terdiri dari:[1]
1.   Lingkungan Mikro Perusahaan
2.   Lingkungan Makro Perusahaan
B.     Lingkungan Pemasaran Makro
Lingkungan Makro perusahaan merupakan kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan. Lingkungan makro perusahaan terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya, serta lingkungan kultural[2]
1.      Lingkungan Demografis
                     Demografi adalah studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistic lain. Lingkungan demografi menjadi minat utama perusahaan karena lingkungan demografis menyangkut masyarakat, dan masyarakat membentuk pasar.

2.      Lingkungan Ekonomi
                     Lingkungan ekonomi adalah factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi industry-menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda.
3.      Lingkungan Alam
                    Lingkungan ekonomi adalah factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi industry-menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda.
4.      Lingkungan Teknologi
                    Lingkungan teknologi adalah kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan peluang pasar, yang baru. Teknologi telah menciptakan benda-benda yang mengagumkan seperti antibiotic, pembedahan robotic, alat-alat elektronik mini, komputer, laptop, dan internet. Dengan adanya teknologi baru maka akan menciptakan pasar dan peluang baru.
5.   Lingkungan Politik
                    Keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan-perkembangan dalam lingkungan politik. Lingkungan politik terdiri dari hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang mempengaruhi atau membatasi berbagai organisai dan individu di dalam masyarakat tertentu.

6.   Lingkungan Budaya
                    Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat. Manusia tumbuh dalam masyarakat tertentu yang membentuk keyakinan dan nilai dasarnya. Karakteristik budaya yang mempengaruhi pengambilan keputusan pemasaran adalah: Keteguhan pada nilai-nilai budaya dan perubahan dalam nilai budaya sekunder[3]
7.  Lingkungan kultural
                    Lingkungan cultural merupakan lembaga lembaga atau kekuatan lain yang mempengaruhi nilai di masyarakat seperti presepsi, preferensi dan prilaku masyarakat, terhadap produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan[4]
           










BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran.
Lingkungan Makro perusahaan merupakan kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro perusahaan. Lingkungan makro perusahaan terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.
Dengan demikian sebuah perusahaan haruslah bisa mengatur dan selalu memperhatikan lingkungan yang selalu berubah rubah, karena dengan cara tersebut perusahaan dapat meningkatkan kualitas ataupun keuntungan.













DAFTAR PUSTAKA


Kasmir, Lingkungan Pemasaran Bank. Jakarta : Prenada Media. 2004
www.lingkungan pemasaran makro.com diakses pada tanggal 24 oktober 2011 pukul 09.45


[1]  www.lingkungan pemasaran makro.com diakses pada tanggal 24 oktober 2011
[2]  Kasmir, Lingkungan Pemasaran Bank, (Jakarta : Prenada Media, 2004).h. 96
[3]  www.lingkungan pemasaran makro.com
[4]  Kasmir, Lingkungan Pemasaran Bank, h. 97

No comments:

Post a Comment