RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
Satuan Pendidikan :
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Variasi Pola Gerak Dasar Pembelajaran Atletik
Sub Tema :
Jalan Sehat
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 90 menit
A. TUJUAN
- Dengan mempraktikkan jalan sehat , siswa mampu menjelaskan makna jalan sehat
- Dengan mempraktikkan jalan sehat , siswa mampu mempraktikkan jalan sehat dengan baik dan benar
B. KOMPETENSI
INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
C. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
3.3
|
Memahami konsep variasi dan
kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol
yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol
yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
|
4.3
|
Mempraktikkan
prosedur variasi pola gerak dasar
jalan, lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional
|
D. MATERI
Jalan Sehat
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permainan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan
salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan
fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa
anak.
5. Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
6. Pada awal
pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.
7. Sebelum melakukan
kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Mengamati
B. Menanya
1.
Guru memberikan kesempatan siswa
untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2.
Siswa menanyakan penjelasan guru
yang belum di fahami
C. Menalar
1. Siswa
mencoba berdiskusi dengan temanya tentang kegiatan Jalan Sehat
2. Guru
menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak
3. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan cara Jalan Sehat dengan
bimbingan guru
4. Siswa
melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan
5. Guru
menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan
D. Mencoba
1. Siswa melakukan kegiatan Jalan
Sehat dengan langkah langkah sebagai berikut
2. Sebelum
memulai kegiatan Jalan Sehat , guru harus mempelajari teknik Jalan Sehat setahap
demi setahap sampai mahir.
3. Guru
melakukan gerak pertama yaitu gerak
langkah kaki
E. Mengkomunikasikan
|
65
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya saling
mengenal, dimulai dari mengenal nama.
2.
Tugas rumah bersama Orang Tua: Orang tua diminta
untuk membawakan foto siswa saat masa bayi atau balita ke sekolah. Orang tua
diminta untuk menceritakan peristiwa yang terdapat pada foto yang akan dibawa
ke sekolah, atau menceritakan peristiwa masa kecil yang menarik.
3.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA
- Internet
- Software Pengajaran kelas 4 SD/MI dari JGC.
- Video/slide/gambar jalan sehat
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk
kerja .
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
NIP. …………………………
|
Banyuputih,
Guru PJOK
NIP………………………….
|
No comments:
Post a Comment