Friday 20 December 2013

fase dewasa



Fase Dewasa
A.   Batasan Usia      
Masa dewasa menurut beberapa ahli psikologi perkembangan dibagi menjadi tiga, yaitu:
·         Dewasa awal (18-40 tahun).
·         Dewasa madya(18-60 tahun).
·         Dewasa akhir yang diebut usia lanjut pada rentas usia diatas 60 tahun. Menurut fuad Nashori masa ini disebut fase futuh bila seseorang telah matang spiritualnya, sebagaimana digambarkan Rasulullah SAW. pada usia 40 tahun beliau banyak melakukan kontemplasi (perenungan) dan berkhalwat di Gua Hira. Disana Rasulullah mendekatkan diri kepada Allah SWT.
B.     Ciri Khas Perkembangan Dewasa
ü  Dewasa Dini
Dalam Psikologi islam dewasa dini disebut fase taklif, fase dimana seseorang telah menjadi manusia dewasa telah dikenai kewajiban sebagai Abdullah dan Khalifah dimuka bumi, dalam proses menjadi pribadi yang berkualitas. Fase ini akan dapat dijalani oleh seseorang dengan baik bila fase-fase sebelumnya telah mempersiapkan diri agar peran Abdullah dapat optimal, mampu berfikir bersifat tauhidik, memahami dan menjalankan perintah-perintah Allah dan hokum-hukum Allah dengan baik (Nasori, 2002: 156-157).
Menurut Siti Partini Suardiman masa ini adalah masa:a) Usia Produktif atau masa kesuburan sehingga siap menjadi ayah atau ibu dalam mengasuh dan mendidik anak, b) Usia memantapkan letak kedudukan yang mantap, c) Usia banyak masalah, serta adanya persoalan yang pernah dialami pada masa lalu mungkin berlanjut, serta adanya problem baru. Yaitu yang berhubungan dengan rumah tangga baru, hubungan sosial, keluarga, pekerjaan dan factor kesempatan, demikian pula factor intern, d) usia tegang dalam emosi yang berhubungan dengan persoalan-persoalan yang dihadapi. Misalnya persoalan jabatan, karier, perkawaninan, keuangan, hubungan sosial/saudara, teman,kenalan.


ü  Dewasa Madya
Dalam psikologi islam fase ini dapat dikelompokkan pada fase futuh yaitu masa terbukanya realitas-realitas yang bersifat spiritual, seseorang dapat memahami realitas alam semesta, semua tersingkap sehingga indera, hati ataupun qalbu dan akal pikirannya data memahami data realitas dengan cerdas dan bertindak secara tepat dan terukur, sesudah tersingkap tabir komunikasi dengan allahmaka seseorang sadar bahwa kesalehan yang terbaik bukan hanya dapat dinikmati sendiri, tetapi juga harus biimplikasi sosial.
Meunurut siti partini suardiman masa ini adalah masa: a) masa yang ditakuti adanya perubahan yang menuju kemunduran, maka merasa terancam sehingga menimbulkan rasa takut, merasa tersingkir, dan terabaikan, kesehatan dan kariernya merasa terancam juga, bahkan merasa tidak menarik lagi, maka sementara orang berusaha menutupi kekurangannya; b) masa transisi yaitu transisi mengalami kemunduran untuk pria , ada perubahandalam kejantanan, bagi wanita mengalami berkurang/hilangnya kesuburan (fertility). Dengan kemunduran itu timbulah usaha mempertahankan pertumbuhan sebelumnya, c) masa penyesuaian kembali perubahan fisik dan psikis yang menyebabkan adanya perombakan apa yang telah dimiliki, yaitu pola perilaku yang layak selama masa dewasa dini. Perilaku akan seirama dengan datangnya perubahan-perubahan selanjutnya, d) masa keseimbangan dan tak keseimbangan, a time equilibrium and disequilibrium. Keseimbangan dialami oleh mereka yang berusia setengah umur, namun masih mengalami kegoncangan dalam penyesuaian diri.
ü  Masa lanjut usia   
Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia adalah seseorang yang berusia 60 tahun keatas.

1 comment:

  1. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>SOLUSI MELUNASI HUTANG DISINI
    http://pesugihanbngp99.blogspot.co.id/<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    ReplyDelete