Monday 16 December 2013

psikologi agama

PSIKOLOGI AGAMA DAN PSIKOLOGI PSIKOLOGI PENDIDIKAN





disusun XXX 



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Psikologi Agama dan Psikologi Pendidikan merupakan Ilmu yang mempelajari Psikologi yang terjadi dalam dunia pendidikan. Kedua ilmu tersebut memiliki hubungan dan fungsi yang sama yaitu mendidik Peserta didik(siswa) dengan tujuan untuk mempermudah mengenali setiap individu atau peserta didik mengenai karakter, watakagar, tingkat kecerdasan setiap individu yang berbeda-beda. Dan untuk mengenal karakter setiap individu yang berbeda-beda ini yaitu dengan cara mempelajari ilmu psikologi, karena dengan kita mempelajari psikologi kita dapat mengetahui kondisi kejiwaan setiap individu dan dapat mengetahui permasalahan dan cara penyelesainnya.
Makalah ini mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, apabila terdapat kesalahan dalam isi makalah ini mohon dimaafkan.

Pengertian psikologi








Psikologi
Psikologi adalah sering diterjemahkan menjadi ilmu jiwa. Yakni dari kata Psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang berarti Ilmu. Sebenarnya penerjemahantersebut kurang tepat, karena bertitik tolakbelakang dari pandangan dualism manusia, yang mengangap bahwa manusia itu terdiri dari dua bagian jasmani dan rohani.
Seolah olah kalau kita mendengar kata “ilmu jiwa”, maka terbayang pada kita bahwa yang dipelajari oleh ilmu itu adalah sesuatu yang tidak kelihatan, yang abstrak, yang berada dalam diri manusia atau makhluk hidup yang lain. Segala sesuatu yang kelihatan, yang bersifat jasmaniah pada diri manusia tidak menjadi persoalan. Pandangan atau bayangan yang demikian adalah tidak benar, keliru, psikologi adalah ilmu yang ingin mempelajari manusia. Manusia sebagai satu kesatuan yang bulat antara jasmani dan rohani. Manusia sebagai individu.
 R.S. Woodworth memberi batasan tentang psikologi sebagai berikut “Psychology can be defined as the science of the activities of the individual”. Apa yang hendak diselidi oleh psikologi ialah segala sesuatu yang dapat memberikan jawaban tentang apa yang sebenarnya manusia itu, mengapa ia berbuat/ berlaku demikian, apa yang mendorongnya. Berbuat demikian, apa maksudnya dan apa tujuannya ia berbuat demikian. Dengan singkat dapat kita katakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkahlaku manusia. Tentu saja kata tingkahlaku di sini harus diartikan secara luas.
Yang dimaksud tingkahlaku di sini ialah segala kegiatan/tindakan/perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun yang tidak disadarinya. Termasuk didalamnya: cara ia berbicara, cara berjalan, berfikir/mengambil keputusan, cara ia melakukan sesuatu, caranya bereaksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya, maupun dari dalam dirinya. Dengan kata lain: bagaimana cara manusia itu/seseorang itu berinteraksi dengan dunia luar, seperti yang dikatakan oleh Woodworth: psychology studies the individual’s activities in the relation to environment.
Crow & Crow memberikan batasan tentang psikologi sebagai berikut: psychology is the study of human




No comments:

Post a Comment