Wednesday 5 June 2013

contoh RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMA/MA ………………………..
Mata Pelajaran        : Fiqih
Kelas/Semester      : X / 1
Waktu                        : 6 x 45 menit
Aspek                        : sholat ‘Ied
A.  Standar Kompetensi
1.        Mengetahui hukum dan tata cara pelaksanaan sholat ‘ied
B.  Kompetensi Dasar
1.1       Menyebutkan hukum pelaksanaan sholat ‘ied
1.2       Menyebutkan tata cara pelaksanaan sholat’ied
1.3       Menyebutkan hikmah pelaksanaan sholat ‘ied
1.4      Memprakekkan tata cara sholat ‘ied
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
–  Mampu menyebutkan hukum sholat ‘ied
–  Mampu menyebutkan waktu pelaksanaan sholat ‘ied
–  Mampu menyebutkan hikmah pelaksanaan sholat ‘ied
     Mampu menyebutkan tata cara sholat ‘ied
      Mampu mempraktekkan tata cara sholat ‘ied
Religius, jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, patuh pada aturan, sosial, sadar akan hak dan kewajiban.
  
D.  Materi Ajar (Materi Pokok)
Sholat ‘ied :
- hukum dan tata cara pelaksanaan sholat ‘Ied
E. Media Pembelajaran
·         Power point
·         Multimedia linear
F.  Metode Pembelajaran:
  Ceramah , tanya jawab dan Praktek
G.   Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
  Menyebutkan hukum pelaksanaan sholat ‘ied
  Menyebutkan waktu pelaksanaan sholat ‘ied
  Menyebutkan tempat pelaksanaan sholat ‘ied
  Menyebutkan tuntunan hendak keluar untuk melaksanakan sholat ‘ied
  Menyebutkan tata cara pelaksanaan sholat ‘ied 
      Mempraktekkan tata cara sholat ‘ied
H.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
–  Bertanya jawab tentang hukum melaksanakan sholat ‘ied
–  Bertanya jawab tentang  tatacara sholat ‘ied
     Bertanya jawab tentang yang berkaitan dengan pelaksanaan sholat ‘ied
    Siswa menyebutkan hukum pelaksanaan sholat ‘ied
     Siswa menyebutkan tatacara pelaksanaan sholat ‘ied
      Siswa menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan sholat ‘ied
–  Mempraktikkan tatacara sholat ‘ied
– 

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-      Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai. 
b.   Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi hukum dan tat cara sholat ‘ied
-      Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Apakah kalian mengetahui hukum sholat ‘ied?
·         Pernahkah kalian melaksanakan sholat ‘ied?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti hukum dan tatacara sholat’ied?
-      Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang hukum dan tatacara sholat ‘ied untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
-      Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya kembali.
-      Guru menjelaskan hukum dan tatacara sholat ‘ied
Eksplorasi
-      Selanjutnya siswa menyebutkan dan menerangkan hukum dan tatacara sholat ‘ied dari  sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
-      Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang hukum dan tatacara pelaksanaan sholat ‘ied
-      Setelah selesai guru menjelaskan hukum dan tatacara pelaksanaan sholat ‘ied
-      Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan sholat ‘ied
-      Guru menugaskan kepada siswa untuk mencoba memperaktekkan sholat ‘ied
Konfirmasi
-      sholat ‘ied adalah sholat yang dikerjakan 1 tahun dua kali sholat ‘ied merupakan sholat sunnah sangatlah beruntung orang-orang yang dapat melaksanakan sholat ‘ied.
c.   Kegiatan Akhir (Penutup)
-      Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan sholat ‘ied
-      Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari hukum dan tatacara pelaksanaan sholat ‘ied
-      Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.



Mengetahui

Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

………….. , ………………………….
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

No comments:

Post a Comment