Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama
Sekolah : SMA/MA
………………………..
Mata Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester
: X / 1
Waktu
: 6 x 45 menit
Aspek
: sholat ‘Ied
A. Standar
Kompetensi
1.
Mengetahui hukum dan tata cara pelaksanaan
sholat ‘ied
B. Kompetensi
Dasar
1.1
Menyebutkan hukum pelaksanaan sholat ‘ied
1.2
Menyebutkan tata cara pelaksanaan sholat’ied
1.3 Menyebutkan hikmah pelaksanaan sholat
‘ied
1.4 Memprakekkan tata cara sholat ‘ied
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Mampu menyebutkan hukum sholat ‘ied
Mampu menyebutkan waktu
pelaksanaan sholat ‘ied
Mampu menyebutkan hikmah
pelaksanaan sholat ‘ied
Mampu menyebutkan tata cara sholat ‘ied
Mampu mempraktekkan tata cara sholat
‘ied
|
Religius,
jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, patuh pada aturan,
sosial, sadar akan hak dan kewajiban.
|
D. Materi Ajar
(Materi Pokok)
Sholat ‘ied :
- hukum dan tata cara pelaksanaan
sholat ‘Ied
E. Media Pembelajaran
·
Power point
·
Multimedia linear
F. Metode
Pembelajaran:
Ceramah , tanya jawab dan Praktek
G. Tujuan
Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu
untuk :
Menyebutkan hukum pelaksanaan sholat ‘ied
Menyebutkan waktu pelaksanaan sholat ‘ied
Menyebutkan tempat pelaksanaan sholat ‘ied
Menyebutkan tuntunan hendak keluar untuk melaksanakan sholat ‘ied
Menyebutkan tata cara pelaksanaan sholat ‘ied
Mempraktekkan tata cara sholat ‘ied
H.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Bertanya jawab tentang hukum melaksanakan sholat ‘ied
Bertanya jawab tentang
tatacara sholat ‘ied
Bertanya jawab tentang yang berkaitan
dengan pelaksanaan sholat ‘ied
|
Siswa menyebutkan hukum pelaksanaan sholat ‘ied
Siswa menyebutkan tatacara pelaksanaan
sholat ‘ied
Siswa menyebutkan hal-hal yang
berkaitan dengan pelaksanaan sholat ‘ied
|
Mempraktikkan
tatacara sholat ‘ied
|
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
-
Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan
kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi
dasar yang akan dicapai.
b.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti,
guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui
sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi hukum dan tat cara sholat ‘ied
-
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Apakah kalian
mengetahui hukum sholat ‘ied?
·
Pernahkah kalian
melaksanakan sholat ‘ied?
·
Siapakah diantara
kalian yang mengerti hukum dan tatacara sholat’ied?
-
Guru menunjuk seorang siswa yang sudah pernah mengetahui tentang hukum dan
tatacara sholat ‘ied untuk memberikan opininya kepada teman-temannya di bawah
bimbingan guru.
-
Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa
siswa untuk menerangkanya kembali.
-
Guru menjelaskan hukum dan tatacara sholat ‘ied
Eksplorasi
-
Selanjutnya siswa menyebutkan dan menerangkan hukum dan tatacara sholat ‘ied
dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
-
Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang hukum dan tatacara
pelaksanaan sholat ‘ied
-
Setelah selesai guru menjelaskan hukum dan tatacara pelaksanaan sholat ‘ied
-
Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam pelaksanaan
sholat ‘ied
-
Guru menugaskan kepada siswa untuk mencoba memperaktekkan sholat ‘ied
Konfirmasi
-
sholat ‘ied adalah sholat yang dikerjakan 1 tahun dua kali sholat ‘ied
merupakan sholat sunnah sangatlah beruntung orang-orang yang dapat melaksanakan
sholat ‘ied.
c.
Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Guru meminta agar para siswa sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam
pelaksanaan sholat ‘ied
-
Guru meminta agar para siswa rajin mempelajari hukum dan tatacara pelaksanaan
sholat ‘ied
-
Guru menutup / mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
-
Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP/NIK:
|
|
………….. ,
………………………….
Guru Bidang Studi
_________________________
NIP/NIK:
|
No comments:
Post a Comment