Pertanyaan 1 :
Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi
Guru Penggerak
Apa yang memotivasi
Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi
tersebut?
motivasi saya menjadi
guru penggerak adalah ingin ikut mensukseskan program merdeka belajar dan
belajar menjadi pendidik yang profesional yang bisa memotivasi teman sejawat
dan peserta didik.
yang akan saya lakukan
adalah
1. mengikuti seleksi
calon guru penggerak
2. menggali potensi
diri
3. mengikuti pelatihan
yang berkaitan dengan pengembangan diri dalam pembelajaran
4. meningkatkan
kualitas diri sehingga dapat menjadi pribadi maupun guru yang bermanfaat
5. bekerjasama dan
sharing dengan teman pendidik
Apa kelebihan yang
mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan
contohnya!
kelebihan yang
mendukung sebagai guru penggerak antara lain :
1. menjadi pelatih
MAPSI SD tingkat Kecamatan pada tahun 2017 - sekarang yang dimana sekolah
selalu mendapatkan juara
2. menjadi pembina
Ekstrakulikuler Pramuka dari tahun 2017 - sekarang yang dimana sekolah selalu
mendapatkan juara
2. Bimbingan teknis
penyegaran kurikulum 2013 bagi guru PAI jenjang SD pada tahun 2019 sebagai
peserta yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang
pada tanggal 4 - 6 Juli 2019
3. Workshop Penyusunan
Assesmen Kompetensi Minimal bagi Guru SD Kabupaten Batang sebagai peserta yang
diselenggarakan oleh Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI
Semarang pada Tanggal 18,19, 25, 26, 27 Agustus 2020 Secara Daring.
4. Pelatihan Penyegaran
Pembina PMR Mula ke V PMI Kabupaten Batang di Aula Korwil Biddik Kecamatan
Subah pada tanggal 6 -7 Agustus 2019
5. Workshop Penyusunan
Assesmen Kompetensi Minimal bagi Guru SD Kabupaten Batang sebagai peserta yang
diselenggarakan oleh Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI
Semarang pada Tanggal 18,19, 25, 26, 27 Agustus 2020 Secara Daring.
6. Kursus Pengelolaan
Gudep sebagai peserta yang diselenggarakan oleh pusdiklatcab Batang Pada
tanggal 14 - 17 November 2020
7. Workshop Pemanfaatan
Microsoft 365 Education Dalam Pembelajaran Sebagai Peserta yang diselenggarakan
oleh PT Microsoft Indonesia Pada tanggal 15 -17 November 2020 Secara Daring
8. Pelatihan bertajuk
Strategi Pengajaran dengan Teknologi sebagai peserta yang dilaksanakan oleh
Zenius untuk guru secara daring pada tanggal 30 November - 5 Desember 2020
9. Bimtek Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Pembuatan Video Pembelajaran Beranimasi Untuk
pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid 19 Sebagai peserta yang dilaksanakan
oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang pada tanggal 4 - 9
Januari 2021 di SD N Banyuputih 01 Kecamatan Banyuputih
10. Bimbingan Teknis (
BIMTEK ) program Guru belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum sebagai peserta
yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilakukan pada tanggal 13 - 17
Februari 2021 melalui portal guru belajar dan berbagi Kemendikbudristek.
11. Webinar Nasional
Literasi Gizi pada masa adptasi kebiasaan baru, cara asik membuat vidio
edukatif untuk SD dan optimalisasi pembinaan peserta didik pada masa pandemi
sebagai pesera yang dilaksanakan oleh Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud yang
bekerjasama dengan Pendidikan.id pada tanggal 24 Oktober 2020 sampai 21
November 2021
12. Pelatihan
Pemanfaatan Akun Pembelajaran Google Workspace for Education (GWE) dalam
menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Sebagai peserta Dalam rangka
HUT ke 76 PGRI Kabupaten Batang dan Hari Guru Nasional tahun 2021 yang
diselenggarakan secara online dari tanggal 18 November 2021 s.d. 25 November
2021
Berikan contoh
perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak
nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal
tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif
Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda
dan pihak lain yang terlibat bila ada)
Mengikuti program guru
penggerak merupakan pengalaman dan kesempatan yang sangat berharga dari program
ini guru mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan unruk masa depan yang lebih
baik. menjadi guru penggerak maka guru harus mampu memberikan contoh perubahan,
inovasi, pemberdayaan gerakan yang mampu berdampak nyata pada sekolah.
dalam kaitan tersebut
penulis dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru disatuan
pendidikan telah berupaya melakukan inovasi dalam meberikan dampak yang positif
bagi sesama pendidik dan satuan kependidikan. salahsatunya dengan meningkatan
kemampuan guru dalam membuat laporan penilaian nilai berbasis excel penulis
berupaya memperkenalkan dan memanfaatkan excel kepada guru lainnya. Kegiatan
ini murni penulis lakukan untuk berbagi kepada guru lainnya dalam rangka
mempermudah pekerjaan. Bimbingan dilakukan secara intens untuk memberikan
pemahaman dan penguasaan terhadap aplikasi tersebut. Dengan adanya aplikasi
pengolahan nilai tersbut dapat mempermudah pengolahan hasil nilai oleh guru.
Inovasi lainnya yang
pernah penulis lakukan membawa ekstrakulikuler pramuka tingkat kecamatan yaitu
Juara 3 Pesta Siaga Putri pada tahun 2018 Tingkat Kecamatan Banyuputih, juara 1
Penjelajahan Putra Jambore Ranting Tahun 2019, juara 1 Penjelajahan Putri
Jambore Ranting Tahun 2019, juara 3 permainan besar Putri Jambore ranting 2019,
Juara umum 1 Regu Putri jambore Ranting Tahun 2019, Juara 1 Putri Pesta Siaga
Tahun 2020 tingkat Kecamatan, Juara 3 Putra Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat
Kecamatan. Selain ektrakulikuler pramuka penulis juga melatih MAPSI SD yang
bisa membawa juara tingkat kecamatan seperti pada tahun 2017 berhasil membawa
juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 1, dan juara 3
sebanyak 2, pada tahun 2018 juara sebanyak 7 yaitu juara 1 sebanyak 4 dan juara
2 sebanyak 3 dan pada tahun 2019 berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara
1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 2 dan juara 3 sebanyak 1.
Berdasarkan uraian
diatas penulis merasa perlu dan harus terlibat atau ikut dalam berbagai program
program pemerintah terkait pendidikan, salahsatunya program Guru Penggerak.
Dengan program ini guru diseluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama
untuk mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus sebagai penggerak guru lainnya
untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam bidangnya.
Pertanyaan 2
Berinteraksi dengan orang lain
terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami
saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di
sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh
masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran
dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.
Kapan waktu kejadiannya?
Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk
bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!
Dalam mencapai tujuan
bersama dibutuhkan kerjasama yang baik melalui komunikasi yang intens dan baik,
akan tetapi membangun komunikasi yang sama satu tujuan tidak semudah yang
dibayangkan. Dibutuhkan kesepemahaman atau satu fikiran bersama terkait tujuan
yang akan dicapai bersama.
Contohnya ketika
penulis menjadi koordinator perlengkapan Pesta Siaga Tingkat Kecamatan pada
Tahun 2019 tepatnya pada bulan Februari, penulis mengalami sedikit kesulitan
dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan yang dikarenakan komunikasi yang
tidak berjalan dengan baik. Banyak anggota yang merasa tidak peduli atau kurang
bertanggung jawab terhadap tugasnya, hal ini membuat persiapan Pesta Siaga
sedikit berubah dari yang direncanakan. Akan tetapi berbagai upaya tetap
dilakukan guna pelaksanaan Pesta Siaga bisa berjalan dengan lancar.
Kesulitan apa saja yang
Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda
hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut?
Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah
direncanakan?
Kesulitan yang penulis
hadapi dalam bekerjasama adalah masalah komunikasi dan dalam bekerja sama
dengan pihak lain kesulitan tersebut tidak terlalu sulit karena penulis sendiri
adalah pribadi yang dapat menerima pendapat dari pihak lain. Jadi ketika ada
ide atau masukan dari penulis yang ditolak adalah hal yang wajar dalam
bekerjasama dengan pihak lain karena yang terpenting adalah tujuan bersama
dapat tercapai, baik dengan ide penulis sendiri atau ide dari pihak lain. Bagi
penulis ide terbaik akan muncul dari mana saja dan dari siapa saja dan ide
terbaik. Untuk itu tugasnya adalah melaksanakan ide atau gagasan yang telah
disepakati bersama dengan baik untuk mewujudkan hasil kerja baik yang telah
diperencanaan awal karena menurut penulis hasil kerja yang baik tidak hanya
dari ide yang berkualitas tetapi dari kinerja berkualitas juga. Dengan demikian
orientasi kerja adalah proses dan hasil, karena pada prinsipnya keberhasilan
program karena keberhasilan bersama. Dan dengan cara seperti ini akan berdampak
positif bagi suatu organisassi
Upaya apa saja yang
Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?
Upaya yang penulis
lakukan untuk mendapatkan komitmen dari pihak lain untuk bekerjasama adalah
1. Dengan mengajak dan
berkomunikasi satu arah dengan secara intens, upaya ini penulis yakini lebih
efektif dalam mengatasi berbagai hal kesulitan dalam mencapai keberhasilan
secara bersama.
2. Memberikan pemahaman
secara sederhana dan jelas berkaitan dengan sistem kerja dan tujuan akhir akan
lebih mudah diterima oleh semua pihak.
3. Merangkul dan
memfasilitasi juga upaya penulis dalam mendapatkan komitmen dari pihak lain
untuk bekerjasama dan dengan seperti itu dapat mempengaruhi atau memotivasi
pihak lain dalam bekerja.
4. Dengan saling
terbuka dan komunikasi berjalan dengan lancar sebenarnya dapat meminimalisir
kesalahan pahaman dalam bekerja sama, selain itu tidak memandang sebelah mata
atau pilih kasih antar anggota atau pihak satu dengan yang lainnya juga tidak
kalah penting dalam mendapatkan komitmen dalam bekerjasama dan juga karakter masing
masing anggota atau pihak itu berbeda jadi kita dalam melakukan pendekatan
harus secara proporsional, dengan demikian kerjasama akan berjalan dengan baik
dan dapat mewujudkan tujuan dengan baik.
5. Membangun rasa
kepemilikan juga dapat mempengaruhi dalam mendapatkan komitmen dalam
bekerjasama karena dengan rasa kepemilikan yang dimiliki setiap anggota maka
akan merasa memiliki pula dalam bekerjasama dan itu dapat membuat lebih mudah
dalam mencapai tujuan yang sama
6. Membangun rasa
percaya dalam tim atau anggota dapat membuat bekerja menjadi lebih berkembang
dan dapat mengeluarkan kemampuan secara maksimal sehingga dalam mencapai tujuan
akan terasa lebih mudah
Bagaimana hasilnya?
Setelah menerapkan
langkah langkah berkomunikasi dengan baik, memberikan pemahaman secara
sederhana, merangkul dan memfasilitasi, saling terbuka, membangun rasa
kepemilikan dan membangun rasa percaya dalam kerja tim ternyata berhasil
membangun kerjasama secara kolaborasi yang efektif dan mempercepat proses
kerjasama dalam mencapai tujuan. Semangat para pihak dalam membangun dan
mendapatkan komitmen dalam bekerjasama dapat dilihat dari hasil yang memuaskan.
Sebagai contoh saat saya menjadi Koordinator Seksi Perlengkapan Pesta Siaga
saya tidak mengalami kesulitan dalam mempersiapkan segala sesuatu hal yang
dibutuhkan dalam Pesta Siaga Tahun 2020 dan acara pesta Siaga berjalan dengan
baik tanpa kekurangan apapun.
Pertanyaan 3
Permasalahan,
tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam
menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi
yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.
Kapan waktu
kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi
saat itu? Gambarkan secara jelas!
Setiap pekerjaan
memiliki tantang tersendiri, permasalahan dalam melaksanakan pekerjaan pasti
ada dengan masalah kompleksitas yang beragam dan berbeda beda. Penulis sendiri
sebagai penyidik sering menjumpai hal tersebut. Seperti ketika penulis
ditugaskan sebagai pembina ekstrakurikuler pramuka dan pelatih MAPSI di sekolah
terdapat berbagai macam masalah seperti sarana dan prasarana yang kurang
mendukung, solidaritas antar anggota dan prestasi yang menurun. Penulis merasa
dihadapkan dengan masalah yang komplek dan membutuhkan penyelesaian masalah
yang efektif dan jitu.
Upaya apa saja yang
Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan
kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk
membantu Anda menghadapinya?
Dalam menghadapi
situasi tersebut dibutuhkan strategi yang efektif dan jitu, strategi tersebut
adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk membantu
memahami sumber permasalahan dengan baik sehingga penanganan menjadi efektif
dan tepat. Pihak pihak yang paham dan mengerti permasalahan ini ialah pemangku
kebijakan seperti kepala sekolah beserta jajaran nya dan warga sekolah lainnya.
Selain itu para pihak yang terkait secara langsung adalah orang orang yang
pernah terlibat didalam Ekstrakurikuler dan Pelatihan MAPSI seperti Pembina dan
pelatih sebelumnya dirasa mengerti dan paham permasalahan yang sedang terjadi.
Penulis percaya dan
yakin bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan penyelesaiannya.
Meski di awal penulis menjabat pembina ekstrakurikuler dan pelatih MAPSI dengan
permasalahan yang ada tapi penulis yakin dan optimis dapat menyelesaikan setiap
masalah dan dapat memberikan juara kepada Pramuka MAPSI. Kompleksitas masalah
yang ada selalu ada celah dan peluang penyelesaian masalah seperti berdiskusi
dengan guru. Hal ini penulis manfaatkan untuk mencari dan menyepakati solusi
yang baik tanpa merugikan maupun menguntungkan sebagian pihak
Pertimbangan-pertimbangan
atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi
apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?
Dalam setiap
permasalahan harus dapat diselesaikan dengan arif dan bijak. Seorang pemimpin
dibutuhkan kebijaksanaan nya dalam memberikan dan mengambil keputusan yang adil
bagi setiap anggota. Penulis sendiri dalam mengambil keputusan atau
menyelesaikan masalah selalu memperhatikan kepentingan bersama dengan tidak
merugikan dan menguntungkan salah satu pihak. Keputusan bersama dapat diambil
dan diperoleh melalui diskusi terbuka sehingga tidak ada pihak yang merasa
dirugikan. Apabila tidak ada kesepakatan bersama yang tidak tepat dan memuaskan
maka pemimpin dapat memberikan pilihan pilihan yang mendekati kepuasan bersama.
Dalam posisi ini dibutuhkan kebijaksanaan dan ketegasan pemimpin dengan tetap
merangkul kepentingan para anggota. Dengan kata lain setiap permasalahan tidak
boleh didiamkan berlarut larut tanpa keputusan dan penyelesaian. Harus ada
keputusan dan penyelesaian yang bijak agar permasalahan tidak berdampak negatif
kepada keutuhan dan keharmonisan organisasi. Penulis menyadari tidak ada
keputusan yang 100 % memberikan kepuasan kepada setiap anggota, akan selalu ada
ketidakpuasan pada diri anggota dan itu merupakan suatu hal yang wajar dalam
sebuah organisasi. Untuk itu menurut penulis dibutuhkan perhatian seorang
pemimpin secara berkelanjutan terhadap kepentingan kepentingan para anggota
yang belum tercapai. Seorang pemimpin tidak boleh mengabaikan atau
mengkesampingkan sebagian kecil anggota. Usulan dan pendapat yang disampaikan
harus diterima, dianalisis dan direspon dengan bijak
Tindakan apa yang
kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?
Pada dasarnya keputusan
dalam setiap menyelesaikan harus diambil. Pertimbangan pertimbangan sebagaimana
diuraikan sebelumnya harus bijaksana dan mencakup setiap kepentingan anggota.
Untuk itu dalam konteks Ekstrakurikuler pramuka dan Pelatihan MAPSI saya tetap
membuat keputusan dengan mempertimbangkan saran, masukan dan data yang ada.
langkah pertama yang saya lakukan adalah menata tugas masing masing anggota,
mengajukan proposal kebutuhan sarana dan prasarana dan melaksanakan program
kerja secara aktif.
Dengan langkah tersebut
mampu membentuk ekstrakurikuler pramuka SD N Sembung 01 menjadi ekstrakurikuler
unggulan di tingkat kecamatan dan Program MAPSI juga menjadi Unggulan di
tingkat kecamatan. Terakhir sebelum semua kegiatan ditiadakan karena Covid 19
Pramuka yang penulis bina berhasil mendapatkan Juara 3 Pesta Siaga Putri pada
tahun 2018 Tingkat Kecamatan, juara 1 Penjelajahan Putra Jambore Ranting Tahun
2019, juara 1 Penjelajahan Putri Jambore Ranting Tahun 2019, juara 3 permainan
besar Putri Jambore ranting 2019, Juara umum 1 Regu Putri jambore Ranting Tahun
2019, Juara 1 Putri Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat Kecamatan, Juara 3 Putra
Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat Kecamatan. Dan MAPSI yang dilatih oleh penulis
juga berhasil mendapatkan juara tingkat kecamatan seperti pada tahun 2017
berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 1,
dan juara 3 sebanyak 2, pada tahun 2018 juara sebanyak 7 yaitu juara 1 sebanyak
4 dan juara 2 sebanyak 3 dan pada tahun 2019 berhasil membawa juara sebanyak 6
yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 2 dan juara 3 sebanyak 1.
Pertanyaan 4 :
Perkembangan menuntut
kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat
mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.
Kapan waktu
kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan?
Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?
Perkembangan teknologi
pada era digital sekarang berkembang secara pesat. Perkembangan tersebut secara
tidak langsung mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia termasuk guru harus
mampu mengimbangi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.
Dibutuhkan upaya upaya
yang strategis dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri serta
profesionalisme. Dalam pengembangan diri tersebut dapat dilakukan dengan cara
mengikuti berbagai pelatihan pelatihan yang relevan dengan bidang yang
digeluti. Penulis sendiri melakukan hal tersebut dengan cara mengikuti
pelatihan pelatihan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan dan
kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten dan pihak pihak lain yang
berkaitan atau relevan dengan bidang yang penulis geluti seperti pelatihan
secara daring atau online yang melalui portal Guru Belajar dan Berbagi
Kemendikbud, mengikuti bimtek pemanfaatan teknologi informasi dan pembuatan
Video yang diselenggarakan oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten
Batang, kursus pengelolaan gudep dan yang lainnya.
Dari berbagai
pengalaman mengikuti pelatihan yang telah disebutkan ada banyak masukan dan
umpan yang penulis dapatkan. Misalnya dalam pembuatan Video dan pengelolaan
gudep penulis mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang penulis dapatkan
dari para ahli dan anggota lainnya. Hal ini membuat penulis menjadi kebanggaan
tersendiri karena bisa belajar dengan para ahli dan menjadi pelecut semangat
untuk tetap belajar dan mengembangkan apa yang penulis dapatkan dalam
pelatihan.
Bagaimana cara Anda
menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?
Pribadi yang baik
adalah orang yang terbuka dan mampu menerima kritik, saran dan masukan dari
orang lain. Untuk itu penulis mencoba untuk menjadi pribadi yang baik tersebut
selama mengikuti kegiatan pelatihan yang telah penulis uraikan pada essay
sebelumnya penulis merasa bangga dan senang mendapatkan masukan dan saran atau
umpan balik dari orang lain. Penulis merasa masih harus banyak belajar jadi
masukan dan saran atau umpan balik dari orang lain akan berdampak positif bagi
penulis. Sebagai contoh ketika dalam kegiatan pelatihan pembuatan video
pembelajaran penulis mendapatkan masukan dari ahli atau orang lain kalau Video
yang penulis buat belum maksimal maka penulis dengan suka hati memperbaikinya.
Begitu juga ketika penulis mengikuti pengelolaan gudep penulis mendapat banyak
pelajaran dalam mengelola Gugus depan supaya menjadi gugus depan mantap.
Penulis yakin bahwa
masukan dan saran atau umpan balik yang diberikan oleh orang lain adalah bagian
dari upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri serta profesionalisme
penulis sebagai guru.
Selain memanfaatkan
masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa
yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah
cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda
kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?
Selain memanfaatkan
masukan dan saran atau umpan balik dalam proses pengembangan diri penulis terus
belajar dan mengasah kemampuan diri penulis, selain mengajar penulis juga
mendapatkan tugas Operator sekolah dengan tugas baru ini penulis menjadi
belajar lebih dalam tentang dunia teknologi dan informasi. Ada banyak hal dalam
dunia teknologi yang mampu meningkatkan kemampuan diri dan diterapkan dalam
dunia pembelajaran seperti pemanfaatan akun belajar.
Selain itu penulis juga
mencoba menerapkan konsep hubungan friendly kepada semua orang terutama kepada
peserta didik, dengan konsep ini penulis bisa sedikit masuk ke dunia peserta
didik yang menurut penulis itu sangat bagus karena kita bisa masuk ke dunianya
sehingga kita lebih mudah dalam mengarahkan peserta didik dalam belajar. Akan
tetapi kadang penulis sedikit terganggu dengan peserta didik yang terlalu dekat
dengan kita yang dimana kadang hampir melawati batas dalam bercanda, tapi
penulis akui konsep ini efektif dalam proses pembelajaran karena peserta didik
menjadi nyaman dan suka dalam belajar ketika penulis menerangkan pelajaran.
Bagaimana aplikasi
hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?
Hasil pembelajaran
dengan konsep friendly atau bersahabat telah mampu mempermudah guru dalam
mengajar dan mendidik, proses belajar menjadi nyaman dan itu berpengaruh
semangat dan kecintaan peserta didik dalam belajar menjadi tinggi dan antusias.
Kedekatan dengan siswa menjadikan setiap ada permasalahan dalam pembelajaran
bisa diselesaikan dengan cepat, siswa tidak segan untuk bertanya apabila ada
materi yang belum paham.
Dengan demikian hasil
proses pembelajaran sesuai dengan apa yang telah dirancang atau sesuai dengan
apa yang ingin dituju. Hasilnya setiap ada permasalahan dalam belajar siswa
penulis bisa langsung mengetahui permasalahan dan kesulitan apa yang dihadapi
oleh siswa dengan demikian pembelajaran menjadi efektif.
Selain permasalahan
dalam pembelajaran dengan kedekatan ini, penulis menjadi tahu permasalahan yang
sedang terjadi terhadap masing masing siswa, mereka menjadi lebih terbuka dan
bercerita tentang apa yang sedang terjadi kepada mereka. Karena selain
permasalahan dalam pembelajaran permasalahan yang terjadi diluar sekolah juga
bisa mempengaruhi siswa.
Pertanyaan 5
Ceritakan pengalaman
Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan
sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam
kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan
tanggung jawab baru, atau lainnya.
Kapan waktu
kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan
pengembangan tersebut?
Dalam beberapa tahun
terakhir saya telah berupaya melakukan pengembangan terhadap orang lain
diantaranya yaitu :
1. Melatih dan membina
pramuka pada Tahun 2018 dan berhasil mendapatkan Juara 3 Pesta Siaga Putri
Tingkat Kecamatan.
2. Melatih dan membina
pramuka pada tahun 2019 dan berhasil mendapatkan juara 1 Penjelajahan Putra
Jambore Ranting , juara 1 Penjelajahan Putri Jambore Ranting , juara 3 permainan
besar Putri Jambore ranting, Juara umum 1 Regu Putri jambore Ranting tingkat
Kecamatan.
3. Melatih dan membina
Pramuka pada tahun 2020 dan berhasil mendapatkan Juara 1 Putri dan Juara 3
Putra Pesta Siaga tingkat Kecamatan.
4. Melatih dan membina
MAPSI pada tahun 2017 dan berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1
sebanyak 3, juara 2 sebanyak 1, dan juara 3 sebanyak 2.
5. Melatih dan membina
MAPSI pada tahun 2018 dan berhasil mendapat juara sebanyak 7 yaitu juara 1
sebanyak 4 dan juara 2 sebanyak 3.
6. Melatih dan membina
MAPSI pada tahun 2019 dan berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1
sebanyak 3, juara 2 sebanyak 2 dan juara 3 sebanyak 1.
Motivasi saya melakukan
pengembangan karena ingin berbagi pengalaman dan tuntutan dari program
Hal apa yang menjadi
fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna
mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.
Fokus pengembangan yang
penulis lakukan adalah pengembangan skill peserta didik dan peningkatan
kompetensi dalam bidang pendidikan untuk mendukung peningkatan profesionalisme
guru. Dalam pengembangan terhadap peserta didik dan guru dibutuhkan kesepahaman
bersama untuk mendapatkan kesepakatan. Dan yang paling penting dalam
pengembangan ini adalah komitmen untuk maju dan berkembang bersama, dengan
demikian ksedaran diri akan muncul tanpa adanya paksaan dan akan menjadi
motivasi diri sendiri sehingga pengembangan akan berjalan secara maksimal.
Penulis meyakini
sehebat apapun penulis melakukan pengembangan tetapi jika tidak ada motivasi
dan kesadaran dari diri sendiri maka tidak akan berjalan secara maksimal atau
berhasil. Selain itu yang tidak kalah penting adalah konsistensi atau
keistiqomahan dalam melakukan pengembangan, kemauan untuk terus belajar dan
berkembang juga tidak kalah penting dalam proses pengembangan karena terkadang
ada kita memiliki kemampuan akan tetapi tidak mempunyai kemauan maka untuk
berkembang atau berhasil akan sulit dan sebaliknya walaupun kadang kita kurang
memiliki kemampuan namum memiliki kemauan dan semangat belajar yang tinggi maka
hasilnya akan maksimal.
Dukungan apa saja yang
Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana
cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk
mempertahankan motivasi orang tersebut?
Dalam proses
pengembangan terhadap orang lain dibutuhkan dukungan baik moril ataupun
materiil, sepeerti halnya penulis dalam melatih dan membina suatu kelompok
tidak mudah. Dengan sifat dan karakter yang berbeda beda dan beragam dibutuhkan
usaha maksimal untuk melakukan pengembangan. Dukungan secara optimal dibutuhkan
baik secara materi maupun moril dan secara psikologis orang yang yang terlibat
dalam pengembangan membutuhkan motivasi dan dukungan dari orang lain untuk
berhasil dan berkembang, mental juga menjadi bagian penting dalam pengembangan
seseorang.Selain itu dukungan materi atau pendanaan juga dibutuhkan untuk
memenuhi biaya operasional kegiatan tersebut. Contohnya kegiatan pengembangan
dalam bentuk lomba tentu sangat membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan kadang
itu menghambat proses pengembangan. Hanya saja selama ini dengan komunikasi
secara intens dan baik dengan pemangku kebijakan hambatan itu bisa diatasi
dengan baik. Dengan komunikasi secara intens dan baik akan selalu ada solusi terhadap
masalah yang dihadapi sehingga tidak menjadikan hambatan yang serius.
Menjaga semangat dan
keistiqomahan orang yang dibimbing sangatlah penting guna mencapai hasil yang
maksimal. Hal sederhana yang penulis lakukan adalah dengan memberikan perhatian
secara intens dan memberikan bantuan setiap terjadi permasalahan yang ada. Dan
penulis sering memeberikan rewad atau hadiah kepada siswa yang berhasil dalam
pengembangan seperti halnya pas waktu Pesta Siaga dan MAPSI ketika mendapatkan
juara selalu diberi hadiah yaitu berupa bermain di kolam renang walaupun itu
sangat sederhana akan tetapi itu membuat motivasi anak anak untuk terus
berkembang.
Bagaimana hasilnya?
Setelah menerapkan
beberapa langkah langkah yang telah diuraikan sebagaimana diatas berhasil
mengembangkan skill dan kompetensi diri menjadi baik. Hal itu terbukti dengan
keberhasilan menjadi juara dalam lomba MAPSI atau PRAMUKA ditingkat kecamatan.
Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi penulis dapat berbagi ilmu dan juga
mendapatkan banyak ilmu dan juga berbagi pengalaman kepada orang lain baik
secara sukarela maupun tuntutan pekerjaan.
semoga pengalaman ini
dapat menjadi modal bagi penulis mengikuti seleksi calon guru penggerak dan
besar harapan dapat diterima menjadi guru penggerak.
No comments:
Post a Comment