Friday 4 August 2023

Jawaban Essay Guru Penggerak

Pertanyaan 1 :

Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak

Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

motivasi saya menjadi guru penggerak adalah ingin ikut mensukseskan program merdeka belajar dan belajar menjadi pendidik yang profesional yang bisa memotivasi teman sejawat dan peserta didik.

yang akan saya lakukan adalah

1. mengikuti seleksi calon guru penggerak

2. menggali potensi diri

3. mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan diri dalam pembelajaran

4. meningkatkan kualitas diri sehingga dapat menjadi pribadi maupun guru yang bermanfaat

5. bekerjasama dan sharing dengan teman pendidik

 

Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

kelebihan yang mendukung sebagai guru penggerak antara lain :

1. menjadi pelatih MAPSI SD tingkat Kecamatan pada tahun 2017 - sekarang yang dimana sekolah selalu mendapatkan juara

2. menjadi pembina Ekstrakulikuler Pramuka dari tahun 2017 - sekarang yang dimana sekolah selalu mendapatkan juara

2. Bimbingan teknis penyegaran kurikulum 2013 bagi guru PAI jenjang SD pada tahun 2019 sebagai peserta yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang pada tanggal 4 - 6 Juli 2019

3. Workshop Penyusunan Assesmen Kompetensi Minimal bagi Guru SD Kabupaten Batang sebagai peserta yang diselenggarakan oleh Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI Semarang pada Tanggal 18,19, 25, 26, 27 Agustus 2020 Secara Daring.

4. Pelatihan Penyegaran Pembina PMR Mula ke V PMI Kabupaten Batang di Aula Korwil Biddik Kecamatan Subah pada tanggal 6 -7 Agustus 2019

5. Workshop Penyusunan Assesmen Kompetensi Minimal bagi Guru SD Kabupaten Batang sebagai peserta yang diselenggarakan oleh Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI Semarang pada Tanggal 18,19, 25, 26, 27 Agustus 2020 Secara Daring.

6. Kursus Pengelolaan Gudep sebagai peserta yang diselenggarakan oleh pusdiklatcab Batang Pada tanggal 14 - 17 November 2020

7. Workshop Pemanfaatan Microsoft 365 Education Dalam Pembelajaran Sebagai Peserta yang diselenggarakan oleh PT Microsoft Indonesia Pada tanggal 15 -17 November 2020 Secara Daring

8. Pelatihan bertajuk Strategi Pengajaran dengan Teknologi sebagai peserta yang dilaksanakan oleh Zenius untuk guru secara daring pada tanggal 30 November - 5 Desember 2020

9. Bimtek Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pembuatan Video Pembelajaran Beranimasi Untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid 19 Sebagai peserta yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang pada tanggal 4 - 9 Januari 2021 di SD N Banyuputih 01 Kecamatan Banyuputih

10. Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) program Guru belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum sebagai peserta yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilakukan pada tanggal 13 - 17 Februari 2021 melalui portal guru belajar dan berbagi Kemendikbudristek.

11. Webinar Nasional Literasi Gizi pada masa adptasi kebiasaan baru, cara asik membuat vidio edukatif untuk SD dan optimalisasi pembinaan peserta didik pada masa pandemi sebagai pesera yang dilaksanakan oleh Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud yang bekerjasama dengan Pendidikan.id pada tanggal 24 Oktober 2020 sampai 21 November 2021

12. Pelatihan Pemanfaatan Akun Pembelajaran Google Workspace for Education (GWE) dalam menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Sebagai peserta Dalam rangka HUT ke 76 PGRI Kabupaten Batang dan Hari Guru Nasional tahun 2021 yang diselenggarakan secara online dari tanggal 18 November 2021 s.d. 25 November 2021

 

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Mengikuti program guru penggerak merupakan pengalaman dan kesempatan yang sangat berharga dari program ini guru mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan unruk masa depan yang lebih baik. menjadi guru penggerak maka guru harus mampu memberikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan gerakan yang mampu berdampak nyata pada sekolah.

dalam kaitan tersebut penulis dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai guru disatuan pendidikan telah berupaya melakukan inovasi dalam meberikan dampak yang positif bagi sesama pendidik dan satuan kependidikan. salahsatunya dengan meningkatan kemampuan guru dalam membuat laporan penilaian nilai berbasis excel penulis berupaya memperkenalkan dan memanfaatkan excel kepada guru lainnya. Kegiatan ini murni penulis lakukan untuk berbagi kepada guru lainnya dalam rangka mempermudah pekerjaan. Bimbingan dilakukan secara intens untuk memberikan pemahaman dan penguasaan terhadap aplikasi tersebut. Dengan adanya aplikasi pengolahan nilai tersbut dapat mempermudah pengolahan hasil nilai oleh guru.

Inovasi lainnya yang pernah penulis lakukan membawa ekstrakulikuler pramuka tingkat kecamatan yaitu Juara 3 Pesta Siaga Putri pada tahun 2018 Tingkat Kecamatan Banyuputih, juara 1 Penjelajahan Putra Jambore Ranting Tahun 2019, juara 1 Penjelajahan Putri Jambore Ranting Tahun 2019, juara 3 permainan besar Putri Jambore ranting 2019, Juara umum 1 Regu Putri jambore Ranting Tahun 2019, Juara 1 Putri Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat Kecamatan, Juara 3 Putra Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat Kecamatan. Selain ektrakulikuler pramuka penulis juga melatih MAPSI SD yang bisa membawa juara tingkat kecamatan seperti pada tahun 2017 berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 1, dan juara 3 sebanyak 2, pada tahun 2018 juara sebanyak 7 yaitu juara 1 sebanyak 4 dan juara 2 sebanyak 3 dan pada tahun 2019 berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 2 dan juara 3 sebanyak 1.

Berdasarkan uraian diatas penulis merasa perlu dan harus terlibat atau ikut dalam berbagai program program pemerintah terkait pendidikan, salahsatunya program Guru Penggerak. Dengan program ini guru diseluruh Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan kompetensi diri dan sekaligus sebagai penggerak guru lainnya untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam bidangnya.

Pertanyaan 2

Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Dalam mencapai tujuan bersama dibutuhkan kerjasama yang baik melalui komunikasi yang intens dan baik, akan tetapi membangun komunikasi yang sama satu tujuan tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kesepemahaman atau satu fikiran bersama terkait tujuan yang akan dicapai bersama.

Contohnya ketika penulis menjadi koordinator perlengkapan Pesta Siaga Tingkat Kecamatan pada Tahun 2019 tepatnya pada bulan Februari, penulis mengalami sedikit kesulitan dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan yang dikarenakan komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Banyak anggota yang merasa tidak peduli atau kurang bertanggung jawab terhadap tugasnya, hal ini membuat persiapan Pesta Siaga sedikit berubah dari yang direncanakan. Akan tetapi berbagai upaya tetap dilakukan guna pelaksanaan Pesta Siaga bisa berjalan dengan lancar.

 

Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?

Kesulitan yang penulis hadapi dalam bekerjasama adalah masalah komunikasi dan dalam bekerja sama dengan pihak lain kesulitan tersebut tidak terlalu sulit karena penulis sendiri adalah pribadi yang dapat menerima pendapat dari pihak lain. Jadi ketika ada ide atau masukan dari penulis yang ditolak adalah hal yang wajar dalam bekerjasama dengan pihak lain karena yang terpenting adalah tujuan bersama dapat tercapai, baik dengan ide penulis sendiri atau ide dari pihak lain. Bagi penulis ide terbaik akan muncul dari mana saja dan dari siapa saja dan ide terbaik. Untuk itu tugasnya adalah melaksanakan ide atau gagasan yang telah disepakati bersama dengan baik untuk mewujudkan hasil kerja baik yang telah diperencanaan awal karena menurut penulis hasil kerja yang baik tidak hanya dari ide yang berkualitas tetapi dari kinerja berkualitas juga. Dengan demikian orientasi kerja adalah proses dan hasil, karena pada prinsipnya keberhasilan program karena keberhasilan bersama. Dan dengan cara seperti ini akan berdampak positif bagi suatu organisassi

 

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

Upaya yang penulis lakukan untuk mendapatkan komitmen dari pihak lain untuk bekerjasama adalah

1. Dengan mengajak dan berkomunikasi satu arah dengan secara intens, upaya ini penulis yakini lebih efektif dalam mengatasi berbagai hal kesulitan dalam mencapai keberhasilan secara bersama.

2. Memberikan pemahaman secara sederhana dan jelas berkaitan dengan sistem kerja dan tujuan akhir akan lebih mudah diterima oleh semua pihak.

3. Merangkul dan memfasilitasi juga upaya penulis dalam mendapatkan komitmen dari pihak lain untuk bekerjasama dan dengan seperti itu dapat mempengaruhi atau memotivasi pihak lain dalam bekerja.

4. Dengan saling terbuka dan komunikasi berjalan dengan lancar sebenarnya dapat meminimalisir kesalahan pahaman dalam bekerja sama, selain itu tidak memandang sebelah mata atau pilih kasih antar anggota atau pihak satu dengan yang lainnya juga tidak kalah penting dalam mendapatkan komitmen dalam bekerjasama dan juga karakter masing masing anggota atau pihak itu berbeda jadi kita dalam melakukan pendekatan harus secara proporsional, dengan demikian kerjasama akan berjalan dengan baik dan dapat mewujudkan tujuan dengan baik.

5. Membangun rasa kepemilikan juga dapat mempengaruhi dalam mendapatkan komitmen dalam bekerjasama karena dengan rasa kepemilikan yang dimiliki setiap anggota maka akan merasa memiliki pula dalam bekerjasama dan itu dapat membuat lebih mudah dalam mencapai tujuan yang sama

6. Membangun rasa percaya dalam tim atau anggota dapat membuat bekerja menjadi lebih berkembang dan dapat mengeluarkan kemampuan secara maksimal sehingga dalam mencapai tujuan akan terasa lebih mudah

 

Bagaimana hasilnya?

Setelah menerapkan langkah langkah berkomunikasi dengan baik, memberikan pemahaman secara sederhana, merangkul dan memfasilitasi, saling terbuka, membangun rasa kepemilikan dan membangun rasa percaya dalam kerja tim ternyata berhasil membangun kerjasama secara kolaborasi yang efektif dan mempercepat proses kerjasama dalam mencapai tujuan. Semangat para pihak dalam membangun dan mendapatkan komitmen dalam bekerjasama dapat dilihat dari hasil yang memuaskan. Sebagai contoh saat saya menjadi Koordinator Seksi Perlengkapan Pesta Siaga saya tidak mengalami kesulitan dalam mempersiapkan segala sesuatu hal yang dibutuhkan dalam Pesta Siaga Tahun 2020 dan acara pesta Siaga berjalan dengan baik tanpa kekurangan apapun.

Pertanyaan 3

Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.

Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

Setiap pekerjaan memiliki tantang tersendiri, permasalahan dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada dengan masalah kompleksitas yang beragam dan berbeda beda. Penulis sendiri sebagai penyidik sering menjumpai hal tersebut. Seperti ketika penulis ditugaskan sebagai pembina ekstrakurikuler pramuka dan pelatih MAPSI di sekolah terdapat berbagai macam masalah seperti sarana dan prasarana yang kurang mendukung, solidaritas antar anggota dan prestasi yang menurun. Penulis merasa dihadapkan dengan masalah yang komplek dan membutuhkan penyelesaian masalah yang efektif dan jitu.

 

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?

Dalam menghadapi situasi tersebut dibutuhkan strategi yang efektif dan jitu, strategi tersebut adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk membantu memahami sumber permasalahan dengan baik sehingga penanganan menjadi efektif dan tepat. Pihak pihak yang paham dan mengerti permasalahan ini ialah pemangku kebijakan seperti kepala sekolah beserta jajaran nya dan warga sekolah lainnya. Selain itu para pihak yang terkait secara langsung adalah orang orang yang pernah terlibat didalam Ekstrakurikuler dan Pelatihan MAPSI seperti Pembina dan pelatih sebelumnya dirasa mengerti dan paham permasalahan yang sedang terjadi.

Penulis percaya dan yakin bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan penyelesaiannya. Meski di awal penulis menjabat pembina ekstrakurikuler dan pelatih MAPSI dengan permasalahan yang ada tapi penulis yakin dan optimis dapat menyelesaikan setiap masalah dan dapat memberikan juara kepada Pramuka MAPSI. Kompleksitas masalah yang ada selalu ada celah dan peluang penyelesaian masalah seperti berdiskusi dengan guru. Hal ini penulis manfaatkan untuk mencari dan menyepakati solusi yang baik tanpa merugikan maupun menguntungkan sebagian pihak

 

Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?

Dalam setiap permasalahan harus dapat diselesaikan dengan arif dan bijak. Seorang pemimpin dibutuhkan kebijaksanaan nya dalam memberikan dan mengambil keputusan yang adil bagi setiap anggota. Penulis sendiri dalam mengambil keputusan atau menyelesaikan masalah selalu memperhatikan kepentingan bersama dengan tidak merugikan dan menguntungkan salah satu pihak. Keputusan bersama dapat diambil dan diperoleh melalui diskusi terbuka sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Apabila tidak ada kesepakatan bersama yang tidak tepat dan memuaskan maka pemimpin dapat memberikan pilihan pilihan yang mendekati kepuasan bersama. Dalam posisi ini dibutuhkan kebijaksanaan dan ketegasan pemimpin dengan tetap merangkul kepentingan para anggota. Dengan kata lain setiap permasalahan tidak boleh didiamkan berlarut larut tanpa keputusan dan penyelesaian. Harus ada keputusan dan penyelesaian yang bijak agar permasalahan tidak berdampak negatif kepada keutuhan dan keharmonisan organisasi. Penulis menyadari tidak ada keputusan yang 100 % memberikan kepuasan kepada setiap anggota, akan selalu ada ketidakpuasan pada diri anggota dan itu merupakan suatu hal yang wajar dalam sebuah organisasi. Untuk itu menurut penulis dibutuhkan perhatian seorang pemimpin secara berkelanjutan terhadap kepentingan kepentingan para anggota yang belum tercapai. Seorang pemimpin tidak boleh mengabaikan atau mengkesampingkan sebagian kecil anggota. Usulan dan pendapat yang disampaikan harus diterima, dianalisis dan direspon dengan bijak

 

Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?

Pada dasarnya keputusan dalam setiap menyelesaikan harus diambil. Pertimbangan pertimbangan sebagaimana diuraikan sebelumnya harus bijaksana dan mencakup setiap kepentingan anggota. Untuk itu dalam konteks Ekstrakurikuler pramuka dan Pelatihan MAPSI saya tetap membuat keputusan dengan mempertimbangkan saran, masukan dan data yang ada. langkah pertama yang saya lakukan adalah menata tugas masing masing anggota, mengajukan proposal kebutuhan sarana dan prasarana dan melaksanakan program kerja secara aktif.

Dengan langkah tersebut mampu membentuk ekstrakurikuler pramuka SD N Sembung 01 menjadi ekstrakurikuler unggulan di tingkat kecamatan dan Program MAPSI juga menjadi Unggulan di tingkat kecamatan. Terakhir sebelum semua kegiatan ditiadakan karena Covid 19 Pramuka yang penulis bina berhasil mendapatkan Juara 3 Pesta Siaga Putri pada tahun 2018 Tingkat Kecamatan, juara 1 Penjelajahan Putra Jambore Ranting Tahun 2019, juara 1 Penjelajahan Putri Jambore Ranting Tahun 2019, juara 3 permainan besar Putri Jambore ranting 2019, Juara umum 1 Regu Putri jambore Ranting Tahun 2019, Juara 1 Putri Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat Kecamatan, Juara 3 Putra Pesta Siaga Tahun 2020 tingkat Kecamatan. Dan MAPSI yang dilatih oleh penulis juga berhasil mendapatkan juara tingkat kecamatan seperti pada tahun 2017 berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 1, dan juara 3 sebanyak 2, pada tahun 2018 juara sebanyak 7 yaitu juara 1 sebanyak 4 dan juara 2 sebanyak 3 dan pada tahun 2019 berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 2 dan juara 3 sebanyak 1.

Pertanyaan 4 :

Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

Perkembangan teknologi pada era digital sekarang berkembang secara pesat. Perkembangan tersebut secara tidak langsung mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia termasuk guru harus mampu mengimbangi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.

Dibutuhkan upaya upaya yang strategis dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri serta profesionalisme. Dalam pengembangan diri tersebut dapat dilakukan dengan cara mengikuti berbagai pelatihan pelatihan yang relevan dengan bidang yang digeluti. Penulis sendiri melakukan hal tersebut dengan cara mengikuti pelatihan pelatihan yang diselenggarakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten dan pihak pihak lain yang berkaitan atau relevan dengan bidang yang penulis geluti seperti pelatihan secara daring atau online yang melalui portal Guru Belajar dan Berbagi Kemendikbud, mengikuti bimtek pemanfaatan teknologi informasi dan pembuatan Video yang diselenggarakan oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batang, kursus pengelolaan gudep dan yang lainnya.

Dari berbagai pengalaman mengikuti pelatihan yang telah disebutkan ada banyak masukan dan umpan yang penulis dapatkan. Misalnya dalam pembuatan Video dan pengelolaan gudep penulis mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang penulis dapatkan dari para ahli dan anggota lainnya. Hal ini membuat penulis menjadi kebanggaan tersendiri karena bisa belajar dengan para ahli dan menjadi pelecut semangat untuk tetap belajar dan mengembangkan apa yang penulis dapatkan dalam pelatihan.

 

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

Pribadi yang baik adalah orang yang terbuka dan mampu menerima kritik, saran dan masukan dari orang lain. Untuk itu penulis mencoba untuk menjadi pribadi yang baik tersebut selama mengikuti kegiatan pelatihan yang telah penulis uraikan pada essay sebelumnya penulis merasa bangga dan senang mendapatkan masukan dan saran atau umpan balik dari orang lain. Penulis merasa masih harus banyak belajar jadi masukan dan saran atau umpan balik dari orang lain akan berdampak positif bagi penulis. Sebagai contoh ketika dalam kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran penulis mendapatkan masukan dari ahli atau orang lain kalau Video yang penulis buat belum maksimal maka penulis dengan suka hati memperbaikinya. Begitu juga ketika penulis mengikuti pengelolaan gudep penulis mendapat banyak pelajaran dalam mengelola Gugus depan supaya menjadi gugus depan mantap.

Penulis yakin bahwa masukan dan saran atau umpan balik yang diberikan oleh orang lain adalah bagian dari upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri serta profesionalisme penulis sebagai guru.

 

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Selain memanfaatkan masukan dan saran atau umpan balik dalam proses pengembangan diri penulis terus belajar dan mengasah kemampuan diri penulis, selain mengajar penulis juga mendapatkan tugas Operator sekolah dengan tugas baru ini penulis menjadi belajar lebih dalam tentang dunia teknologi dan informasi. Ada banyak hal dalam dunia teknologi yang mampu meningkatkan kemampuan diri dan diterapkan dalam dunia pembelajaran seperti pemanfaatan akun belajar.

Selain itu penulis juga mencoba menerapkan konsep hubungan friendly kepada semua orang terutama kepada peserta didik, dengan konsep ini penulis bisa sedikit masuk ke dunia peserta didik yang menurut penulis itu sangat bagus karena kita bisa masuk ke dunianya sehingga kita lebih mudah dalam mengarahkan peserta didik dalam belajar. Akan tetapi kadang penulis sedikit terganggu dengan peserta didik yang terlalu dekat dengan kita yang dimana kadang hampir melawati batas dalam bercanda, tapi penulis akui konsep ini efektif dalam proses pembelajaran karena peserta didik menjadi nyaman dan suka dalam belajar ketika penulis menerangkan pelajaran.

 

Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

Hasil pembelajaran dengan konsep friendly atau bersahabat telah mampu mempermudah guru dalam mengajar dan mendidik, proses belajar menjadi nyaman dan itu berpengaruh semangat dan kecintaan peserta didik dalam belajar menjadi tinggi dan antusias. Kedekatan dengan siswa menjadikan setiap ada permasalahan dalam pembelajaran bisa diselesaikan dengan cepat, siswa tidak segan untuk bertanya apabila ada materi yang belum paham.

Dengan demikian hasil proses pembelajaran sesuai dengan apa yang telah dirancang atau sesuai dengan apa yang ingin dituju. Hasilnya setiap ada permasalahan dalam belajar siswa penulis bisa langsung mengetahui permasalahan dan kesulitan apa yang dihadapi oleh siswa dengan demikian pembelajaran menjadi efektif.

Selain permasalahan dalam pembelajaran dengan kedekatan ini, penulis menjadi tahu permasalahan yang sedang terjadi terhadap masing masing siswa, mereka menjadi lebih terbuka dan bercerita tentang apa yang sedang terjadi kepada mereka. Karena selain permasalahan dalam pembelajaran permasalahan yang terjadi diluar sekolah juga bisa mempengaruhi siswa.

 

Pertanyaan 5

Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.

Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?

Dalam beberapa tahun terakhir saya telah berupaya melakukan pengembangan terhadap orang lain diantaranya yaitu :

1. Melatih dan membina pramuka pada Tahun 2018 dan berhasil mendapatkan Juara 3 Pesta Siaga Putri Tingkat Kecamatan.

2. Melatih dan membina pramuka pada tahun 2019 dan berhasil mendapatkan juara 1 Penjelajahan Putra Jambore Ranting , juara 1 Penjelajahan Putri Jambore Ranting , juara 3 permainan besar Putri Jambore ranting, Juara umum 1 Regu Putri jambore Ranting tingkat Kecamatan.

3. Melatih dan membina Pramuka pada tahun 2020 dan berhasil mendapatkan Juara 1 Putri dan Juara 3 Putra Pesta Siaga tingkat Kecamatan.

4. Melatih dan membina MAPSI pada tahun 2017 dan berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 1, dan juara 3 sebanyak 2.

5. Melatih dan membina MAPSI pada tahun 2018 dan berhasil mendapat juara sebanyak 7 yaitu juara 1 sebanyak 4 dan juara 2 sebanyak 3.

6. Melatih dan membina MAPSI pada tahun 2019 dan berhasil membawa juara sebanyak 6 yaitu juara 1 sebanyak 3, juara 2 sebanyak 2 dan juara 3 sebanyak 1.

 

Motivasi saya melakukan pengembangan karena ingin berbagi pengalaman dan tuntutan dari program

 

Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.

Fokus pengembangan yang penulis lakukan adalah pengembangan skill peserta didik dan peningkatan kompetensi dalam bidang pendidikan untuk mendukung peningkatan profesionalisme guru. Dalam pengembangan terhadap peserta didik dan guru dibutuhkan kesepahaman bersama untuk mendapatkan kesepakatan. Dan yang paling penting dalam pengembangan ini adalah komitmen untuk maju dan berkembang bersama, dengan demikian ksedaran diri akan muncul tanpa adanya paksaan dan akan menjadi motivasi diri sendiri sehingga pengembangan akan berjalan secara maksimal.

Penulis meyakini sehebat apapun penulis melakukan pengembangan tetapi jika tidak ada motivasi dan kesadaran dari diri sendiri maka tidak akan berjalan secara maksimal atau berhasil. Selain itu yang tidak kalah penting adalah konsistensi atau keistiqomahan dalam melakukan pengembangan, kemauan untuk terus belajar dan berkembang juga tidak kalah penting dalam proses pengembangan karena terkadang ada kita memiliki kemampuan akan tetapi tidak mempunyai kemauan maka untuk berkembang atau berhasil akan sulit dan sebaliknya walaupun kadang kita kurang memiliki kemampuan namum memiliki kemauan dan semangat belajar yang tinggi maka hasilnya akan maksimal.

 

Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

Dalam proses pengembangan terhadap orang lain dibutuhkan dukungan baik moril ataupun materiil, sepeerti halnya penulis dalam melatih dan membina suatu kelompok tidak mudah. Dengan sifat dan karakter yang berbeda beda dan beragam dibutuhkan usaha maksimal untuk melakukan pengembangan. Dukungan secara optimal dibutuhkan baik secara materi maupun moril dan secara psikologis orang yang yang terlibat dalam pengembangan membutuhkan motivasi dan dukungan dari orang lain untuk berhasil dan berkembang, mental juga menjadi bagian penting dalam pengembangan seseorang.Selain itu dukungan materi atau pendanaan juga dibutuhkan untuk memenuhi biaya operasional kegiatan tersebut. Contohnya kegiatan pengembangan dalam bentuk lomba tentu sangat membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan kadang itu menghambat proses pengembangan. Hanya saja selama ini dengan komunikasi secara intens dan baik dengan pemangku kebijakan hambatan itu bisa diatasi dengan baik. Dengan komunikasi secara intens dan baik akan selalu ada solusi terhadap masalah yang dihadapi sehingga tidak menjadikan hambatan yang serius.

Menjaga semangat dan keistiqomahan orang yang dibimbing sangatlah penting guna mencapai hasil yang maksimal. Hal sederhana yang penulis lakukan adalah dengan memberikan perhatian secara intens dan memberikan bantuan setiap terjadi permasalahan yang ada. Dan penulis sering memeberikan rewad atau hadiah kepada siswa yang berhasil dalam pengembangan seperti halnya pas waktu Pesta Siaga dan MAPSI ketika mendapatkan juara selalu diberi hadiah yaitu berupa bermain di kolam renang walaupun itu sangat sederhana akan tetapi itu membuat motivasi anak anak untuk terus berkembang.

 

Bagaimana hasilnya?

Setelah menerapkan beberapa langkah langkah yang telah diuraikan sebagaimana diatas berhasil mengembangkan skill dan kompetensi diri menjadi baik. Hal itu terbukti dengan keberhasilan menjadi juara dalam lomba MAPSI atau PRAMUKA ditingkat kecamatan. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi penulis dapat berbagi ilmu dan juga mendapatkan banyak ilmu dan juga berbagi pengalaman kepada orang lain baik secara sukarela maupun tuntutan pekerjaan.

semoga pengalaman ini dapat menjadi modal bagi penulis mengikuti seleksi calon guru penggerak dan besar harapan dapat diterima menjadi guru penggerak.

No comments:

Post a Comment