Friday 7 June 2013

metode penelitian kuantitatif


METODE PENELITIAN KUANTITATIF

Makalah ini di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan yang diampu oleh Drs. Noor Aziz



                                      

Di susun oleh:
1.    Ahmad Rouf
2.    A.Saiful Rijal


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH
WONOSOBO
2012
PENDAHULUAN
Untuk menjawab suatu pertanyaan penilian, seperti diketahui perlu dirancang cara menjawabnya. Metode penilitian yang dipilih untuk menjawab pertanyaan penelitian yang harus dijawab serta tujuan penelitian. Rancangan penelitian yang bagaimana yang akan dipilih sangat bergantung pada maksud penilitian itu dilakukan. Bidang ilmu tertentu lebih banyak menggunakan rancangan penelitian tertentu, karena jenis pertanyaan penelitian yang ditangani juga berlainan. Bab ini akan membahas rancangan penelitian jenis apa yang biasanya digunakan untuk menjawab pernyataan penelitian jenis tertentu.
Ada berbagai rancangan penelitian yang dapat dipertimbangkan penggunaannya masing masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Ituu sebabnya pemilihan mana yang akan digunakan sangat bergantung pada jenis pertanyaan dan maksud diadakannya penelitian tersebut. Bagaimana cara menggolongkan jenis penelitian bergantung sekali pada selera orang ayng melakukannya. Ada orang yang menggolongkannya berdasarkan cara keterangan yang diperoleh itu dibangkitkan.
Adalagi yang menggolongkannya atas dasar jangkauannya. Menurut cara ini dibedakan antara penilaian rintisan, perumusan, pemerian, dan analitik. Karena itu, berbagai penggolongan jenis rancangan penelitian itu sangat bertumpang tindih sifatnya.


PEMBAHASAN
PENILITIAN KUANTITATIF
            Setiap penilitian selalu bertujuan untuk menemukan pengetahuan yang baru. Ada -angka yang terkumpul sebagai hasil penelitian kemudian dapat dianalisis menggunakan metode statistik.
            Penelitian kuantitaif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Pada umumnya penelitian kuantitatif dapat dilaksanakan juga sebagai penelitian pemerian atau penelitian diskriptif. Penelitian kuantitatif dapat pula berupa penelitian hubungan atau penelitian korelasi, penelitian kuasai penelitian yang dilakukan terutama mengumpulkan data yang diungkapkan sebagai hasil pengukuran. Ada penelitian yang dilakukan teruatama mengumpulkaen data yang diungkapkan sebagai hasil pengukuran. Data yang terkumpul akan berbentuk angka dan itu tergolong dalam penelitian kuantitatif  angkaeksperimentan dan penelitian eksperimantal.
Penelitian kuantitatif juga bisa jenis penelitian yang menggunakan rancangan penelitian berdasarkan prosedur statistik atau dengan cara lain dari kuantifikasi untuk mengukur variabel penelitiannya
Tujuan Penelitian Kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan hipotesis yang dikaitkan denganfenomena alam.
Penelitian kuantitatif banyak digunakan untuk menguji suatu teori, untuk menyajikan suatu fakta atau mendeskripsikan statistik, untuk menunjukkan hubungan antarvariabel, dan ada pula yang bersifat mengembangkan konsep, mengembangkan pemahaman atau mendeskripsikan banyak hal, baik itu dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social.
Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti beraspek dari pendidikan. Istilah penelitai kuantitatif sering digunakandalam ilmu-ilmu sosialuntuk membedakannya dengan penelitian kuantitatif.
Metodologi Penelitian
a)       Metode penelitian
·         Sasaran penelitian, menunjukan unit analisis atau responden yang dipakai dalam pelaksanaan penelitian.
·         Lokasi penelitian, menunjukan tempat penelitian itu dilaksanakan.
·         Metode penelitian, menjelaskan metode yang akan digunakan dalam penelitian bersangkutan.
·         Variabel yang akan diteliti, memuat uraian mengenai macam dan jumlah variabel yang akan digunakan dalam penelitian tersebut.
·         Teknik pengambilan sampel, memuat cara atau metode pengambilan sampel.
·         Metode pengumpulan data, menjelaskan bagaimana cara/metode data dalam penelitian tersebut dikumpulkan.
·         Sumber data, menjelaskan dari mana data penelitian tersebut diperoleh dan jenis data apa yang digunakan.
b)       Metode analisis, memuat rumus-rumus, model-model analisis yang akan digunakan dalam penelitian, cara pengujian hipotesis dan kriteria penerimaan hipotesis.

Metode yang sering digunakan adalah experimental, deskripsi, survei, dan menemukan korelasional. Penelitian kuantitatif menyajikan proposal yang bersifat lengkap, rinci, prosedur yang spesifik, literatur yang lengkap dan hipotesis yang dirumuskan dengan jelas. Pada penelitian kualitatif, proposalnya lebih singkat dan tidak banyak kajian literatur, pendekatan dijabarkan secara umum, dan biasanya tidak menyajikan rumusan hipotesis.
Penelitian kuantitatif adalah definisi, pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Sebagai contoh: 240 orang, 79% dari populasi sampel, mengatakan bahwa mereka lebih percaya pada diri mereka pribadi masa depan mereka dari setahun yang lalu hingga hari ini. Menurut ketentuan ukuran sampel statistik yang berlaku, maka 79% dari penemuan dapat diproyeksikan ke seluruh populasi dari sampel yang telah dipilih. pengambilan data ini adalah disebut sebagai survei kuantitatif atau penelitian kuantitatif.
Ukuran sampel untuk survei oleh statistik dihitung dengan menggunakan rumusan untuk menentukan seberapa besar ukuran sampel yang diperlukan dari suatu populasi untuk mencapai hasil dengan tingkat akurasi yang dapat diterima. pada umumnya, para peneliti mencari ukuran sampel yang akan menghasilkan temuan dengan minimal 95% tingkat keyakinan (yang berarti bahwa jika Anda survei diulang 100 kali, 95 kali dari seratus, Anda akan mendapatkan respon yang sama) dan plus / minus 5 persentase poin margin dari kesalahan. Banyak survei sampel dirancang untuk menghasilkan margin yang lebih kecil dari kesalahan.
Beberapa survei dengan melalui pertanyaan tertulis dan tes, kriteria yang sesuai untuk memilih metode dan teknologi untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam responden survei, survei dan administrasi statistik analisis dan pelaporan semua layanan yang diberikan oleh pengantar komunikasi. Namun, oleh karena sifat teknisnya metode pilihan pada survei atau penelitian oleh karena sifat teknis, maka topik yang lain tidak tercakup dalam cakupan ini.
Paradigma kuantitatif menurut Reichadt & T. Cook dlm “Beyond Qualitative versus Quantitative Methods adalah sebagai berikut :
1.      Memakai metode kuantitatif
2.      Positifisme logis
3.      Ukuran rigid dan terkontrol
4.      Partikularistik
5.      Mementingkan realitas stabil dari hasil penelitian
6.      Berorientasi hasil
7.      Jauh dengan data: perspektif orang luar
8.      Memakai logika deduktif
Langkah-langkah pokok penelitian ilmiah (desain kuantitatif)
a.        Identifikasi masalah
b.      Studi pustaka
c.       Penyusunan hipotesis penelitian
d.      Penyusunan disain riset
e.       Identifikasi, klasifikasi, & definisi variabel penelitian
f.       Penentuan instrumen penelitian
g.      Pengolahan dan analisa data
h.      Penyusunan laporan penelitian
Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian kuantitatif:
Langkah penelitian
Segala sesuatu direncanakan sampai matang ketika persiapan disusun
Dapat menggunakan sampel dan hasil penelitiannya diberlakukan untuk populasi
Sampel menurut Suharsimi Arikunto (2006) adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti, sedangkan populasi merupakan keseluruhan dari subjek penelitian.
Hipotesis
Mengajukan hipotesis yang akan diuji dalam penelitian hipotesis menentukan hasil yang diramalkan Priori
Desain
Dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan hasil yang diharapkan
Pengumpulan Data
Kegiatan dalam pengumpulan data memungkinkan untuk diwakilkan
Analisis Data
Dilakukan sesudah semua data terkumpul
Prosedur Penelitian
Menurut Craig (1985) mengemukakan langkah-langkah penelitian ilmiah adalah sebagai berikut:
  • Identifikasi masalah
  • Merumuskan hipotesis
  • Mendefinisikan istilah
  • Melakukan penelitian atau observasi lapangan
  • Analisis data
• Menarik kesimpulan
Menurut Prof. Dr. Suharsimi Arikunto (2006) prosedur dalam melakukan penelitian adalah sebagai berikut : Memilih masalah, studi pendahuluan, merumuskan masalah, merumuskan anggapan dasar memilih pendekatan, menentukan sumber data dan variable, menentukan dan menyusun instrument,mengumpulkan data, analisis data,menarik kesimpulan,menulis laporan.
Penelitian yang baik menurut Prof. Dr. suhardjono dari UNIBRAW yaitu APIK, yang artinya dijelaskan sebagai berikut:

Asli bukan jiplakan atau mengganti peneitian orang lain
“ Penting hasil penelitian dipandang bermanfaat dan penting bagi peningkatan mtu pendidikan “
Ilmiah Menggunakan proses yang dibenarkan oleh teori penelitian
Konsisten ada keruntutan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.
Jenis korelasi dalam penelitian
  1. Korelasi Sejajar tidak memberikan hubungan sebab akibat misa prestasi belaj matematika dengan bahasa,kedisiplinan dengan lingkungan tempat tinggal
  2. Korelasi sebab akibat / penelitian pengaruh korelasi yang memberikan pengaruh dimana A memberi pengaruh terhadap B contoh “pengaruh A terhadap B “
Dalam buku Methods of Psychological Research dijelaskan bahwa masalah penelitian dapat diperoleh dengan cara-cara: (1) observasi; (2) brainstorming; (3) theoretical prediction; (4) technological development; (5) knowledge of the research literature, dan kombinasi dari metode-metode tersebut.
Sumber data dalam penelitian merupakan subjek penelitian di mana data menempel.Sumber data dapat berupa : benda, gerak, manusia, tempat, dsb.Ditinjau darin wilayah penelitian, maka penelitian dapat dibedakan menjadi : penelitian sampel, penelitian populasi, dan penelitian kasus.
Proses Penelitian Kuantitatif
Dalam penelitian kuantitatif metode yang digunakan antara lain : metode survey, expost facto, eksperimen, evaluasi, action research, policy research (selain metode naturalistic dan sejarah ), setelah metode penelitian ditenyukan, maka yang perlu dilakukan adalah penyusunan instrument penelitian, yang digunakan sebagai alat pengumpul data yang dapat berbentuk tes, angket / kuesioner, untuk pedoman dan wawancara atau observasi. Dalam menentukan instrument perlu diteliti terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya.
Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis, sampai menghasilkan kesimpulan yang merupakan langkah terakhir dari suatu periode penelitian yang berupa jawaban terhadap rumusan masalah.Berdasarkan proses penelitian kuantitatif tersebut, maka penelitian kuantitatif bersifat linier, di mana langkahnya jelas, mulai dari rumusan masalah, teori, hipotesis, mengumpulkan data, analisis data, sera membuat kesimpulan dan saran.Pengunaan konsep dan teori yang relevan dalam menyusun hipotesis merupakan aspek logika, sedangkan untuk pemilihan metode penelitian, menyusun instrument, mengumpulkan data dan analisisnya adalah aspek metodologi untuk memverifikasikan hipotesis yang diajukan.















KESIMPULAN
Penelitian Kuantitatif merupakan penelitian yang ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagain dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan Penelitian Kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan hipotesis yang dikaitkan denganfenomena alam.
Penelitian kuantitatif banyak digunakan untuk menguji suatu teori, untuk menyajikan suatu fakta atau mendeskripsikan statistik, untuk menunjukkan hubungan antarvariabel, dan ada pula yang bersifat mengembangkan konsep, mengembangkan pemahaman atau mendeskripsikan banyak hal, baik itu dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social.
Pendekatan ini juga digunakan sebagai cara untuk meneliti beraspek dari pendidikan. Istilah penelitai kuantitatif sering digunakandalam ilmu-ilmu sosial untuk membedakannya dengan penelitian kuantitatif.

















DAFTAR PUSTAKA
·        Margono.S,Metode penelitian pendidikan,PT RINEKA CIPTA,Jakarta,2003
·        Sudjana Nana dan Ibrahim,Penelitian dan penilaian pendidikan,Sinar Baru Algensindo Offset Bandung,2009

No comments:

Post a Comment